Cara Mengatasi Foto Berubah Warna Saat Upload Ke Instagram


Jadi hari ini saya posting beberapa foto ke akun instagram Hackrative, namun ada hal yang tidak biasa terjadi dimana foto yang sudah saya edit sebelumnya (di komputer) kembali berubah warna saat saya uploadkan ke IG, kurang lebih gambaran foto asli (yang sudah diedit) adalah nomor 2 dan foto setelah diupload ke IG adalah nomor 1. Dari sini tentunya saya bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi dan setelah membaca postingan di salah satu forum diskusi online saya mencoba mengatasi hal ini dengan cara mengeksport kembali fotonya atau mungkin bahasanya di Save As lah, jadi dengan menggunakan Lightroom Mobile saya eksport kembali foto ke hp saya, dan dengan cara ini tidak ada lagi kendala yang terjadi saat mengupload foto tersebut. Selesai sudah postingannya, tapi mari kita runtut kejadian ini dari awal supaya kita juga tau penyebab dari timbulnya masalah ini.

Jadi foto tersebut saya shoot dengan menggunakan kamera mirrorless Sony A6500 dengan lensa Sigma 16mm F1.4, format foto yang saya gunakan adalah RAW (atau ARW di sony), lalu untuk post-processing saya menggunakan Adobe Lightroom Classic dan ada beberapa bagian yang saya beri sedikit sentuhan Photoshop, dan tidak seperti biasanya kali ini saya lakukan Save As langsung di Photoshop file editing menjadi JPEG (padahal biasanya saya export di Lightroom, tapi entah kenapa kali ini saya ingin save as di photoshop), setelah itu lalu saya transfer filenya ke hp lalu saya upload deh ke IG dan munculah permasalahan diatas.

Jadi kalau boleh ditarik kesimpulan, yang salah disini adalah proses export JPEG saya yang menggunakan cara Save As di Photoshop, harusnya yang saya lakukan adalah export seperti biasa di Lightroom (atau mungkin export di photoshop).

Jadi jika ada yang mengalami hal serupa semoga saja postingan ini bisa membantu. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.


Post a Comment

Previous Post Next Post