Cara Konfigurasi SQL Server Solution


SQL Server Solution adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan kode-kode sql yang terlah dibuat kedalam sebuah project solution, yang nantinya seluruh file sql akan ditata sedemikian rupa didalam project tersebut dan jika akan digunakan kembali kita bisa melihatnya pada panel Solution Explorer. Solution ini akan sangat membatu mempercepat proses penggunaan dan pengorganisasian file sql yang kita gunakan, daripada kita lama mencari di windows explorer maka akan lebih baik kita gunakan fitur solution ini.

Baiklah, sekarang kita akan memprakterkan pembuatan & pengkonfigurasian solution dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Buatlah sebuah folder untuk tempat penyimpanan project solution yang akan kita buat. Sebagai contoh saya buat folder ‘SQLSolution’ di dalam folder MyDocument SQL Server dengan path C:\Users\Farihin\Documents\SQL Server Management Studio\SQLSolution 

b. Sekarang kita masuk pada tampilan SSMS, jika belum log in silahkan log in terlebih dahulu. Lalu kita munculkan panel Solution Explorer dengan cara menekan tombol CTRL+ALT+L atau klik pada menu View -> Solution Explorer. Jika sudah maka kita akan melihat panel Solution Explore (secara default) disebelah kanan. 

c. Selanjutnya kita akan membuat project solution kita, silahkan klik pada menu File -> New -> Project maka sekarang jendela New Project akan tampil, pada jendela ini klik pada SQL Server Management Stuido Solution, lalu pilih Blank Solution, lalu ubah nama menjadi SolutionTest, setelah itu ubah Location dengan menekan tombol Browse dan arahkan ke lokasi folder yang tadi kita buat, setelah itu klik tombol OK. Maka sekarang seharusnya kita akan melihat project solution baru didalam panel Solution Explorer.

d. Sekarang kita akan menambahkan Query kedalam project kita, caranya klik kanan pada solution kita lalu klik pilihan Add -> New Project maka tampilan jendela New Project akan kembali terbuka namun kali ini dengan pilihan template yang lebih sedikit. 

e. Pada jendela Add New Project pilih pada SQL Server Script, lalu ubah Name menjadi TestScript1, Location nya biarkan default/sama dengan lokasi proect Solution yang sudah kita tentukan sebelumnya, lalu terakhir silahkan tekan tombol OK. 

f. Maka sekarang jika kita lihat lagi pada panel Solution Explorer akan ada icon baru bertuliskan TestScript1 dan ada 3 folder lain didalamnya, sampai disini query kita belum akan tercipta jadi kita lanjut dulu ke langkah berikutnya yaitu klik kanan pada folder Queries lalu klik New Query. 

g. Setelah dikik New Query maka Solution Project kita akan membuat koneksi ke instance yang sedang aktif (kita bisa lihat dalam folder Connections ada satu icon baru yang mewakili pengaturan koneksi) dan tentunya akan dibuat juga satu file query berekstensi *.sql kali ini dengan nama SQLQuery1.sql (jika ingin merubah namanya bisa klik kanan lalu pilih Rename) dan kita pun akan melihat jendela/tab pengetikan query (Query Analyzer) akan terbuka. Setelah itu saya coba menambahkan 2 query lagi seperti yang terlihat pada gambar di atas. Jika sudah selesai melakukan pengetikan kode sql jangan lupa untuk menekan tombol Save All yang ada di sebelah kanan tombol Save untuk menyimpan seluruh perubahan/pengaturan yang sudah kita buat sebelumnya.

h. Jadi jika dikemudian waktu kita akan membuka query-query yang dibuat hari ini maka tidak lagi harus dibuka satu-satu melainkan bisa dibuka secara keseluruhan melalui Solution Project ini. Cara membuka solution projecnya yaitu dengan cara klik menu File -> Open -> Project Solution.

Untuk mendapatkan versi PDF yang sudah disertai dengan gambar dan isntruksi silahkan download materinya disini.
Password: instance.farihinmuhamad.blogspot.com

Nah demikianlah sekilas pembahasa mengenai Cara Konfigurasi SQL Server Solution, kalau kamu tertarik dengan seputar sql server atau database design ada bebearapa postingan lagi di blog ini yang bisa kamu baca dan insyaalloh informasinya bermanfaat buat kamu, jadi silahkan dieksplor ya.

Sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post