Cara Agar File PDF Tidak Bisa Dicopy-paste, Diedit atau Diconvert

Terkadang kita memiliki sebuah karya berbentuk tulisan yang disimpan dalam file PDF yang kita publish secara online, karya kita ini tentunya ditujukan untuk dapat dibaca oleh khalayak ramai namun pasti ada saja orang yang akan menggunakan tulisan kita tersebut pada project miliknnya (entah tugas, karya tulis, atau sekedar postingan online atau hal lain), saya pribadi sebenarnya tidak keberatan dengan hal ini selama kita sebagai penulis masih diberikan credit didalam tulisan/project tersebut, namun sekali lagi pasti ada saja orang yang enggan memberikan credit padahal ia menggunakan karya orang lain (mungkin belum diberikan hidayah hehehe).

Nah dipostingan kali ini saya akan berbagi cara yang sudah saya praktekan beberapa waktu kebelakang dalam hal mempublish file PDF agar tidak bisa diedit, dicopy-paste, ataupun diconvert. Note: kalau diconvert mungkin masih bisa namun hasilnya pati tidak akan maksimal. Baiklah sekarang kita langsung masuk saja ke step by step nya:

1. Buatlah terlebih dahulu file PDF yang diinginkan, bisanya saya menggunakan Word untuk membuat dokumen lalu menyimpannya dengan jenis file PDF.

2. Sekarang pastikan kamu memiliki koneksi internet karena kita tidak akan menggunakan software yang diinstal melainkan menggunakan service dari sebuah situ bernama pdftoimmage. Silahkan buka situs tersebut.

3. Uploadkan file PDF yang sudah dibuat tadi disitus tersebut, lalu jika proses convertnya sudah selesai silahkan klik pada tombol DOWNLOAD ALL maka file pdf yang sudah dikonversikan kedalam jpd akan didownload pada sebuah file ZIP. File pdf saya ini memiliki 2 halaman jadi nantinya didalam file ZIP akan ada 2 file JPG, jadi jumlah file JPG akan berbanding lurus dengan jumlah halaman pada file PDF.

4. Silahkan buka lokasi download file ZIP tadi lalu ekstrak file kedalam folder, setelah itu kembali lagi ke web browser (masih disitus pdftoimage) silahkan klik pada tab JPG to PDF maka kita akan diredirect ke situs jpg2pdf, lalu uploadkan file JPG hasil dari ekstraksi file ZIP tadi, setelah prosesnya selesai silahkan klik pada tombol COMBINED maka sebuah file pdf bernama jpg2pdf.pdf akan didownload.

5. Setelah kamu selesai melakukan langkah ke-4 silahkan rename file jpg2pdf.pdf yang baru saja didownload menjadi nama file yang kamu inginkan. Setelah itu coba buka file tersebut menggunakan pdf viewer yang kamu miliki, pasti sekarang kamu tidak bisa lagi melakukan copy paste pada file tersebut. Dan jika kamu menconvert kembali file tersebut kedalam word maka hasilnya tidak akan optimal bahwak proses convert harus menggunakan metode ocr, apalagi jika didalam file tersebut ada gambar dan watermark maka akan lebih susah lagi untuk diconvert.

Nah demikianlah sekilas pembahasa mengenai Cara Agar File PDF Tidak Bisa Dicopy-paste, Diedit atau Diconvert, sekian postingan kali ini, terimakasih telah berkunjung, semoga postingan ini dapat membantu dan ada manfaatnya, sampai jumpa di postingan selanjutnya, wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh.

Post a Comment

Previous Post Next Post