Cara Merubah Boot Order Dual Boot Pada Grub 2 Linux

Farihin Muhamad
0

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh...
Kali ini saya akan membahas tetang Cara Merubah Boot Order Dual Boot Pada Grub 2 Linux. Bagi kalian yang pernah menggunakan komputer dengan sistem operasi dual boot atau lebih pasti mengenal yang dinamakan Boot Order, ya istilah ini artinya adalah urutan sistem operasi yang akan di-boot /dijalankan saat komputer dihidupkan. Biasanya sistem operasi terakhir yang diinstalkan akan menjadi boot priority atau yang menjadi pilihan pertama. Nah mungkin setelah proses instalasi ini terkadang kita ingin membalikan keadaan agar sistem operasi yang kedua lah yang harusnya menjadi boot priority, jika yang kamu inginkan adalah demikian maka postingan ini insyaalloh akan membanti. 

Pada contoh kali ini state sistem operasi yang saya gunakan adalah Elementary OS dan Win 10, dimana Elementary merupakan boot priority dan skenario yang akan dilakukan adalah merubah Win 10 menjadi boot priority. Awalnya saya coba menyelesaikan kebutuhan ini pada windows namun saya tidak menjumpai Elementary OS pada boot order dalam msconfig jadi saya lakukan penyelesainnya didalam Elementary OS. Baiklah sekarang mari kita lakukan penyelesaiannya:

1. Silahkan login pada OS linux anda (saya menggunakan Elementary OS).
2. Buka Terminal, lalu login dengan menggunakan Super User.
3. Buka file grub dengan menggunakan nano, perintahnya: sudo nano /etc/default/grub
4. File grub akan terbuka, tugas kamu adalah merubah 2 value yang ada pada file grub ini. Pertama GRUB_DEFAULT=0 menjadi GRUB_DEFAULT=2 dan yang kedua GRUB_TIMEOUT=10 menjadi GRUB_TIMEOUT=5.
5. Penjelasannya: GRUB_DEFAULT=2 artinya grub akan menandai/meng-highlight urutan ke-3 (urutan dimulai dari 0 bukan 1, jadi urutan ketiga akan ditulis 2) yang mana yang ditandai ini akan diboot/dijalankan oleh komputer. GRUB_TIMEOUT=5 artinya waktu yang dialokasikan oleh grub sebelum value yang ditandai diboot/dijalankan secara otomatis, 5 disini artinya 5 detik jadi jika dalam 5 detik user tidak memindahkan penanda/merubah urutan yang dihighlight maka secara otomatis value yang dihighlight akan diboot/dijalankan.
6. Langkah-langkah yang saya lakukan bisa dilihat pada gambar dibawah ini

Sekian postingan kali ini, semoga ada manfaatnya. Terimakasih sudah berkunjung, mohon doanya agar saya sehat selalu sehingga saya bisa menulis artikel-artikel lainnya. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya, Wassalamualaikum warobmatullohi wabarokatuh....
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)