Cara Agar Hasil Print Excel 1 (Satu) Lembar

Farihin Muhamad
0
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh...
Terkadang kita berada pada satu posisi dimana display pekerjaan kita di Excell saat di print hasilnya  diharuskan hanya satu lembar saja. Untuk menyelesaikan hal ini biasanya yang bisa dilakukan adalah memperbesar ukuran kertas, merubah orientasi kertas, memperkecil margin, dan memperkecil jarak-jarak kolom. Namun jika hal-hal tersebut belumlah memberikan hasil yang diinginkan maka jangan berkecil hati dulu karena masih ada jalan lain, berikut ini saya ilustrasikan:

Berikut ini saya bekerja pada sebuah file yang hendak saya cetak:
Seperti yang terlihat diatas saya sudah ubah bebeerapa pengaturannya namun hasil pencetakan masih tetap lebih dari 1 lembaar (ada 3 lembaar disana).

Cara ke-1:
Jadi yang saya lakukan setelahnnya adalah melakukan Scale. Silahkan buka menu Page Layout lalu lihat pada group bar Scale to Fit, klik tanda panah bawah agar angka turun dari 100% ke berapa persentase yang anda kehendaki, pada contoh ini lembar kerja saya Scale hingga 80% agar hasil pencetakan muat pada 1 lembar.


Cara ke-2:
Silahkan masuk ke menu View, lalu lihat pada Workbook Views klik pada Page Break Preview, dengan mengklik menu ini maka lembar kerja akan terlihat sedikit beerbeda daari sebelumnya (untuk kembali ke tampilan lembar kerja yang seperti semula klik pada menu Normal yang ada disebelah kiri). Setelahnya, yang harus kamu lakukan adalah klik dan drag garis putus-putus warna biru ke sebelah kanan hingga pas dengan lembar kerja yang diinginkan. Setelah itu kamu bisa lihat di print preview.


Dengan melakukan kedua cara diatas, seharusnya sekarang lembar kerja sudah dapat di print dengan hasil 1 lembar saja.

Sekian postingan kali ini, semoga ada manfaatnya. Terimakasih sudah berkunjung, mohon doanya agar saya sehat selalu sehingga saya bisa menulis artikel-artikel lainnya. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya, Wassalamualaikum warobmatullohi wabarokatuh....
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)