Clearload.bid Bukan Virus atau Malware (kenapa adf.ly redirect ke clearload.bid)

Farihin Muhamad
1

Awalnya saya agak terkejut saat beberapa hari yang lalu saya mendapati bahwa url shortener yang saya gunakan (adf.ly) mendadak selalu redirect ke clearload.bid dan beberapa kali sempat muncul iklan pop-up. Hal ini saya anggap tidak biasa karena sepengatahuan saya adf.ly ya akan menampilkan adf.ly juga. 

Jadi lah saya mencoba mencari informasi lewat google dan hasilnya tidak satupun hint yang cocok dengan kata kunci saya (kenapa adf.ly redirect ke clearload.bid), namun ada beberapa hasil yang memberikan secercah sinar kejelasan, dan yang paling banyak adalah hasil pencarian google yang megatakan bahwa clearload.bid merupakan salah satu virus/malware (salah satunya situs ini: https://malwaretips.com/blogs/remove-adf-ly ) dan gejalanya memang sama persis dengan apa yang saya alami.

Namun ternyata ada juga hint yang mengatakan bahwa clearload.bid merupakan domain afiliasi dari adfly (baca disini: ) sampai titik ini saya merasa belum mendapat jawabah yang pas dan tepan hingga akhirnya saya memberanikan diri untuk menanyakan hal ini kepada customer care adfly dan mendapati keterangan seperti dibawah ini:

Kesimpulannya ternyata clearload.bid merupakan domain milik adf.ly yang digunakan untuk meningkatkan kepastian penayangan iklan pada setiap link yang dimasukan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika mengalami hal seperti ini. Sekali lagi informasi ini saya dapatkan langsung dari helpdesk adfly, jadi informasinya insyaalloh valid. Sekian artikel kali ini, semoga membantu dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment