Cara Merubah URL Channel Youtube

Farihin Muhamad
0

Saat pertama kali membuat Channel Youtube pastinya kamu akan diberi URL yang panjang dan random sehingga akan sulit untuk mengingatnya. Nah kabar baiknya URL tersebut bisa kita rubah, dan kabar buruknya ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum dapat mengganti URL (dibahas di bawah).
Contohnya berikut ini adalah perbedaan kedua URL tersebut:
https://www.youtube.com/channel/UCJ4gGnkELC-RhuE7FEx6F6Q  (Ini adalah url bawaan saat pertama kali channel dibuat)
http://www.youtube.com/c/Hackrative (Dan ini adalah URL custom atau URL yang sudah dirubah)

Caranya adalah sebagai berikut:
1. Log In ke Channel youtube kamu.
2. Masuk ke menu  Advanced account settings
3. Dibawah bagian "Channel settings," klik pada link yang ada disamping tulisan "You're eligible for a custom URL". Catatan: kamu akan melihat tulisan ini jika Channel kamu sudah masuk kedalam kriteria Custom URL yaitu: 1. Memiliki 100 subscribers, 2. Umur Channel sudah lebih dari 30 hari, 3. Sudah mengupload Channel Icon, 4. Sudah mengupload channel art.
4. Setelah di klik maka akan muncul jendela baru (jendela float mungkin ya), dsiana kamu akan diminta untuk menentukan URL yang akan digunakan. Pada kotak dialog "Get a custom URL" kamu akan melihat URL yang disetujui oleh youtube (biasanya urlnya menggunakan nama channel kamu), kamu tidak bisa mengubah pilihan yang itu, akan tetapi ada satu opsi lagi dibawahnya dimana kamu bisa menambahkan kata atau angka lain.
5. Sebelum menjalankan step ke-6 perlu kamu tau bahwa URL yang sudah dicustom tidak akan bisa dirubah (diedit) lagi, oleh karenanya pikirkan matang-matang URL yang akan kamu gunakan.
6. Setelah kamu memutuskan URL-nya  maka klik pada tombol Agree, lalu klik lagi pada tombol Change URL. 
7. Perubaha URL ini akan memakan waktu (maksimal) kurang lebih 1x24 jam sepengalaman saya, jadi jangan kaget jika pada menu Advaced account setting URL sudah berubah tapi saat dikunjungi channel kosong.

Sekian artikel kali ini semoga membantu.
Source: https://support.google.com/youtube/answer/2657968?hl=en
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)