Cara Memberikan Formatting Currency Pada Inserted Merge FIeld (Mail Merge)

Farihin Muhamad
1

Ibarat kata, makin banyak orang belajar justru makin banyak hal yang orang tersebut tidak tau. Lho kok bisa seperti itu? Bukannya dengan belajar kita malah tau banyak hal? Terus terang baru sekarang saya mengerti dan mungkin 'faham' dengan pepatah tersebut. Jadi menurut saya begini, dengan belajar memang ada hal baru yang akan kita dapat akan tapi jika berpuas diri hanya dengan sekali belajar saja dan sudah menganggap ilmu sendiri paling tinggi di dunia ini maka itu semua sama sekali tidak benar, karena ternyata masih banyak hal yang sebenarnya belum diketahui dan hal tersebut tidak akan diketahui sebelum kembali belajar dan bereksplorasi lagi dan lagi.

Nah sudah cukup satu paragraf saja pembukaannya, sekarang saya akan bahas mengenai formatting inserted merge field pada saat melakukan pembuatan mail merge. Pada contoh gambar dibawah ini anda akan melihat dua (2) hasil mail merge dimana hasil di sebelah kiri adalah hasil tanpa formatting dan hasil sebelah kanan sudah menggunakan formatting.

Nah untuk melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang harus anda pahami, diantaranya:
1. Format untuk memberikan formatting currency adalah \# Rp##0.00
2. Untuk meletakan formatting tersebut anda tidak boleh asal-asalan
3. Untuk mengedit kode selalu ingat untuk menggunakan Toggle Field Code

Nah untuk langkah-langkahnya sendiri yang harus dilakukan, diantaranya:
1. Letakan kursor/klik di tengah field/kata yang anda insertkan melalui mail merge (jika anda menaruh di kata/field yang benar maka akan terlihat seperti ada tanda highlight pada kata yg di klik), lalu klik kanan dan pilih Toggle Field Code.
2. Setelah itu tampilan inserted merge field akan berubah seperti ini:
3. Tambahkan formatting \# Rp##0.00 dibelakang sebelum tanda kurung kurawal }
4. Sehingga kode menjadi seperti ini:
5. Untuk melihat hasil klik pada tombol Preview Results pada menu Mailings

Nah demikian Cara Memberikan Formatting Currency Pada Inserted Merge FIeld (Mail Merge) semoga postingan ini membantu anda.
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment