Manajemen Pemasar


Pengertian Pemasaran:
1. Merupakan keseluruhan aktivitas perdagangan yang meliputi penjualan, pembelian, pergudangan atau penyimpanan dan promosi.
2. Tindakan yang menyebabkan berpindahnya hak milik atas barang dan jasa dari penjual kepada pembeli yang menimbulkan distribusi fisik atas barang tersebut.

Fungsi Pemasaran:
1. Fungsi Pertukaran ( yaitu membeli atau menjual barang)
2. Fungsi Pengadaan barang ( meliputi pengangkutan, penyimpanan)
3. Fungsi pemberian jasa : (service purna jual, dll)

Pengertian Manajemen Pemasaran:
Yaitu merupakan analisis perencanaan, pelaksanaan & pengawasan program yg dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menyenangkan dengan pasar agar tujuan organisasi tercapai.

Lembaga Pemasaran : 
Lembaga yang mengadakan kegiatan  pemasaran, menyalurkan barang dari produsen ke konsumen serta mempunyai hubungan organisasi

Pendekatan Konsep Pemasaran:
1. Commodity  approach (pendekatan komoditi): mempelajari teknik pemasaran yg lebih baik  dg cara menyelidiki seluk beluk barang ,spt harga, kualitas,merk dll.
2. Institutional approach (pendekatan kelembagaan): pendekatan yg mempelajari peran lembaga, terdiri dari:
     - lembaga langsung :  agen, distributor, pengecer dll
     - lembaga tdk langsung : biro iklan, reklame dll
3. Functional approach (pendekatan fungsional): Merupakan pendekatan dari aktivitas/fungsi pemasaran


Courtesy by ELIS LISTIANA MULYANI

Post a Comment

Previous Post Next Post