DAFTAR ISI
Daftar Isi.............................................................................................................................. i
Ringkasan.............................................................................................................................
iii
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ................................................................................................ 1
B.Visi Dan Misi.................................................................................................... 1
BAB
II PEMASARAN
A.Gambaran
Umum Pasar..................................................................................... 2
B.Penawaran
Produk............................................................................................. 3
C.Rencana
Penjualan............................................................................................ 3
D.Strategi
Pemasaran............................................................................................ 3
BAB
III ORGANISASI DAN
MANAGEMEN
A. Data
Perusahaan ............................................................................................. 5
B. Data Pengurus.................................................................................................. 5
C. Struktur Organisasi........................................................................................... 6
E. Rancangan Kegiatan......................................................................................... 6
BAB IV PRODUKSI /JASA /PENUALAN
A. Macam/Jenis
Produk/Jasa/Penjualan..................................................................
7
B. Proses Produksi................................................................................................
7
C. Kapasistas Produksi.......................................................................................... `9
D. Aset Dan Investasi...........................................................................................
9
BAB V ANALISA KEUANGAN
A. Sumber Pendanaan Modal Investasi.................................................................. 10
B. Modal Kerja..................................................................................................... 11
C. Pembiayaan..................................................................................................... 11
D. Perhitungan Laba Rugi..................................................................................... 12
E.Perhitungan Kembali Modal (BEP)..................................................................... 13
F. Analisis Kondisi Keuangan 1
Tahun..................................................................
13
Lampiran
A.
Foto
Perkiraan Lokasi Usaha
B.
Foto
Produk
RINGKASAN
Riad
FMC adalah suatu perusahaan di Kota Tasikmalaya teptatnya di Daerah Jl Siwangn
No 20 KotaTasimalaya Provins Jawa Barat.yang bergerak dan memliki tempat usaha di
Bidang kuliner. Dari namanya sediri FMC merpakan suatu singkatan produk yaitu
Fruit Martabak Coel. Merupakan suatu
inovasi martabak yang didalanya di tambahkan buah-bahan segar. Arti coel
sendiri meruapakan suatu tujuan atau keinginan pemlik supaya dapat diminati dan masuk ke
masyarakat, baik pasar tradisional maupun modern.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Pemilihan Usaha
Makanan kuliner khas
tradisonal Indonesia adalah suatu hal harus kita jaga karena mempunyai suatu
cita rasa yang khas dan berbeda makanan dari negara lainnya. Banyak sekali
makanan khas Indonesia yang mempunyai cita rasa yang sangat unik tentunya juga enak
untuk dinikmati.
Karakter orang Indonesia
yang masyarakatnya sangat konsumtif membuat orang indonesia mudah sekali bosan
pada suatu hal contohnya makanan tradisonal. Dengan sifat tersebut dan
aktivitas padatnya kegiatan orang indonesia membuat semua orang membutuhkan
makanan siap saji yang sehat dan inovatif. Sudah banyak beraneka ragam makanan
yang beredar di pasaran tetapi bukanlah makanah khas tradisional Indonesia.
Banyak sekali makanan
khas yang diminati khususnya oleh masyarakat indonesia, salah satunya yaitu
Martabak Manis. Dan memiliki potensi untuk berkembang karena Makanan tersebut
dibuat dengan cara tradisional dan juga higenis. Serta harga yang teerjangkau
untuk semua kalangan. Dan dapat dinikmati secara bersama-sama untuk berkumpul
bersama sanak sodara ataupun teman.
Dengan melihat potensi
tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan tersebut dengan sedikit inovasi
yaitu “Fruit Martabak coel”, untuk sikembangkan dan bisa bersaing dengan
kompetitor lain dan juga untuk menjaga makanan tradisonal Indosia tetap
diminati.
B. Visi dan Misi
Menjadikan Fruit Martbak Coel sebagai
makanan khas yang mampu bersaing dengan produk lain.
Misi
1. Mebuat
Fruit Martabak coel sebagi terobosan terbaru
2. Memasarkan
martabak manis di pasar tradisonal maupun modern
3. Mendirikan
usaha kuliner dengan tema makanan khas Indonesia
BAB II
PEMASARAN
A. Gambaran Umum Pasar
1. Gambaran
Pasar (Analisi SWOT)
a) Strenght
(Kekuatan)
v Dapat
Dinikmati oleh semua kalangan
v Merupakan
inovasi yag baru
v Rasa
product beraneka ragam
v Bahan
bersih dan higenis jug mudah didapat
b) Weaknes
(Kelemahan)
v Product
dapat dengan mudah ditiru
v Tidak
tahan lama
c) Oppertunity(Kesempatan)
v Inovasi
dengan ras yang baru
v Fasilitas
dan juga tempat setrategis
v Produk
sudah dikenal kalangan masyarat
d) Threat
(Ancaman)
v Adanya
kmpetitor menjulal harga degan lebih murah
2. Segmen
Pasar
Dari segi geografis Fruit
Martabak coel akan membuka usaha didaerah uversitas siliwangi.
Dari segi Demografi Fruit
Martbak coel disukai dari mulai usia
10-55 tahun, dari pelajar sampa dengan orangtua.
Dari Segi Psikologis,
Fruit Martbak coel diperuntkan untuk kalangan menegah ke atas.
3. Target
Pasar
Masyarakat khusunya pelajar dan mahasiswa,
targeting Fruit Martbak coel adalah memberikan cita rasa dan fasiitas yang
sesuai untuk konsumen.
4. Posisioning
Tempat yang dipilih di Daerah unsil
Taskimlaya, karena daerah tersebut sangatlah strategis dilihat dari terget utama
pemasaran.
5. Perkiraan
Permintaan Pasar
Adanya inovasi pada produk sangatlah
penting mengingat masyarkat kota tasikmalaya yang konsutif pada makanan dan juga
untuk menyaingi kompetitor.
B. Penawaran Produk
Penawaran produk dengan
cara mulut-ke mulut den membuka tempat usaha ditempat yang strategis,
mengunakan sosial media berupa facebok,twiter, instagram.
C. Rencana Penjualan
Untuk pertama kai produk ini akan di
perkenalan di Car Free Day yang dilakukan pada hari minggu.
Penjualan akan dilakasaakan setiap hari dari
jam 16.00 sampai degan am 23.00 WIB
D. Strategi Pemasaran
1. Produk
/Service
Produk yang dijual adalah “Fruit Martabak
coel” suatu produk inoavasi baru dengan ada buah di dalamnya juga adanya saus
beraneka rasa.
2. Prince/
Harga
Harga ukuran biasa Rp. 25.000/unit
Harga terjangkau dan juga relatif murah
3. People/Pemakaian
Produk
Semua kalangan masayarakat tetapi
dkhususkan untuk mahasiswa dan anak sekolah.
4. Promotion
/ Promosi
Degan cara open table yang akan dilakukan
pada saat car free day , menyebar luasakan informasi di soial media da blog-blog
kuliner. (Fb : Riad FMC, Twiter : @RiadFMC, ig:RiadFMC)
5. Place
/Lokasi Usaha
Lokasi usaha yang strategis yang
ditenttkan untuk bisnis yaitu kawasan
mahasiswa UNSIL Tasikmalaya.( Jalan
Siliwangi No 20, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat)
6. Desain
Kemasan
Desain kemaasan akan dibuat seunik mungkin
sesuai dengan nama produk tersebut.
BAB
III
ORGANISASI
DAN MANAGEMEN
A. Data Perusahaan
Nama : Riad FMC
Bentuk Usaha : Kuliner
Jenis produk : Cemilan
Alamat : Jalan Siliwangi No 20, Kota
Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Jenis perusahaan : Cafe FMC
No tlp : 081231363173
Sosial media : Fb :
Riad FMC, Twiter : @RiadFMC, ig :RiadFMC
B. Data Pengurusan
Nama :
Ade Riadi
Jabatan :
Pemimpin
Tempat, tangal lahir : Ciamis, 20 Juli 1996
Alamt : jl.
Nagrapageuh no 25 desa Sagalaherang Kecamataman Panawangan
Kabupaten
Ciamis
No hp :
081321363173
Jenis kelamin : laki-laki
Agama :
Islam
Pendidkan
terkahir : D3
Email. : aderiadi044@gmail.com
C. Struktur Organisasi
D. Rancangan Kegiatan
Pertama yang dilakukan
observasi pasar dan juga mencari suatu hal yang bereda. Setelah mendapatkan
ide,mencari tempat yng strategis untuk meulai usaha denga konsep agkringan
setelah itu, akan melaksanakan prmosi ke daerah CFD setiap minggu di Tasikmalaya,
mengikuti ajng-ajang kuliner Tasimalaya.Setelah beerapa bulan ke depan akan
menanbahkan sebuah inovasi baru pada produk ketika pelangaan sudah mulai bosan.
BAB
IV
PRODUKSI/JASA.PENJUALAN
A.
Macam/Jenis/penjualan
Frut Martabak Coel meruopakan jenis cemilan
baru yang dapat dihidangkan untuk dimakan bersama-sama atupun sendiri, dan
mempunyaui berbaai macam jens dantaranya :
MFC Mangga, MFC Pisang dan MFC strawbery.Dengan
saus manis susu dan coklat.
B.
Proses Produksi
Penjelasan :
1. Bahan
1 produk
v 250 gr
tepung terigu
v 100 gr gula
pasir
v 1/2 sendok
teh baking powder (vanili)
v sendok teh
ragi instant1/2 sendok teh garam
v air matang
secukupnya atau kira-kira sebanyak 350 ml
v 2 butir
telur ayam
2. Proses
Produksi
v Pertama-tama
campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant, garam, telur, margarin cair
dan pasata vanili. Kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil
diaduk-aduk hingga bahan tercampur dengan rata.
v Kocok adonan
tersebut menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama 5 menit, lalu
masukkan baking powder dan aduk-aduk lagi hingga rata.
v Setelah itu
diamkan adonan selama 40-1 jam menit dalam wadah tertutup.
v Sembari menunggu
siapkan saus manis coel, sesuai dengan keinginan (coklat,selai strawbery,)
v Dan potog
atau iris-iris buah-buahan sesuai dengan pesanan.
v Panaskan
wajan anti lengket dan oleskan dengan sedikit margarin, kemudian tuangkan
adonan, ratakan di atas permukaan wajan.
Tunggu hingga keluar gelembung-gelembung pada pemukaan adonan, lalu
tutup adonan tersebut.
v Tunggu
beberapa menit hingga adonan matang, angkat.
v Setelah
masak, oleskan permukaan martabak manis dengan menggunakan margarin, lalu taruh
dan tuangkan susu kental manis putih pada permukaan martabak manis tersebut.
v Selanjutmya
lipat martabak manis menjadi setengah lingkaran, setelah itu potong-potong
sesuai sesuai selera.(untuk sdbawa),untu dimakan d tempat ankat tanpa dilipat
kemudian di poton-potong seperti pizza.
v Martabak
manis siap untuk dihidangkan.
3. Pengemasan
atau penyajian
Masukan FMC ke kemasn yg sudah
disediakan apabila ingin dikeamas , tetapi apabila ntuk di sajikan martabak d
biarkan bulat tanpa di lipat dan hanya di bagi atau dipotong seperti pizza
simpan dipiring yang sudah sediakan da sajika bersama sau coel manis Sesuai
pilihan.
4. Penjualan
Penjualan dilakukan di tempat FMC, dapat langsung di
Kosumsi ditempat ataupu dibawa.
C.
Kapasitas
Produksi
Diperkirakan 20 produk (FMC big) ukuran
besar/ hari, 600 buah /bulan atau 3600/ Tahun.
D.
Aset
dan Investasi
1. Alat
Produksi :
a. Kompor
Khusus( 4 mata)
b. Loyang
besar dan kecil
c. Papa
Kayu
d. Pengaduk
Adonan
e. Ember
Plastik Bertutup
f.
Pisau
g. Tutup
loyang
h. Kape
i.
Suntil
j.
Garpu
k. Kemasan
l.
Plastik
m. Kresek
n. LPG
o. Sendok
Melamin
p. Piring
buat
q. Piring
kecil Saus
2. Grobak
3. Lampu
neon
4. Meja
dan kursi
5. Label
Produksi
BAB
V
ANALISA
KEUANGAN
A. Sumber Pendanaan Modal Investasi (Barang)
1. Modal
Investasi
Tabel Peralatan Alat
Produksi
|
||||
No
|
Nama
|
Qty
|
Harga/unit
|
Harga
|
1
|
Grobak
|
1
|
Rp
3.500.000
|
Rp
3.500.000
|
2
|
LPG 3 kg
|
2
|
Rp
100.000
|
Rp
200.000
|
3
|
Kompor Khusus
|
4
|
Rp
500.000
|
Rp
2.000.000
|
4
|
Loyang
|
Rp -
|
||
Kecil
|
2
|
Rp
200.000
|
Rp
400.000
|
|
Besar
|
2
|
Rp
300.000
|
Rp
600.000
|
|
5
|
Papan Kayu
|
2
|
Rp
50.000
|
Rp
100.000
|
6
|
Pengaduk Adonan
|
2
|
Rp
25.000
|
Rp
50.000
|
7
|
Tempat Adonan (ember Plastik Bertutup)
|
1
|
Rp
50.000
|
Rp
50.000
|
8
|
Lampu Neon
|
5
|
Rp
50.000
|
Rp
250.000
|
9
|
Sendok Melamin
|
2
|
Rp
20.000
|
Rp
40.000
|
10
|
Pisau
|
2
|
Rp
25.000
|
Rp
50.000
|
11
|
Tutup Loyang
|
4
|
Rp
25.000
|
Rp
100.000
|
12
|
Kape
|
2
|
Rp
20.000
|
Rp
40.000
|
13
|
Sutil
|
2
|
Rp
25.000
|
Rp
50.000
|
14
|
Garpu
|
2
|
Rp
15.000
|
Rp
30.000
|
15
|
Kemasan
|
600
|
Rp 500
|
Rp
300.000
|
16
|
Plastik
|
2
|
Rp
10.000
|
Rp
20.000
|
17
|
Keresek
|
2
|
Rp
20.000
|
Rp
40.000
|
18
|
meja
|
4
|
Rp
100.000
|
Rp
400.000
|
19
|
kursi
|
3
|
Rp
100.000
|
Rp
300.000
|
20
|
hiasan
|
1
|
Rp
1.000.000
|
Rp
1.000.000
|
Jumlah
|
Rp 9.520.000
|
2. Moodal
kerja
No
|
Modal Kerja/Bulan
|
Nominal
|
1
|
Biaya Produksi
|
Rp 5.610.000
|
2
|
Sewa Tempat
|
Rp 500.000
|
3
|
Listrik dan Air
|
Rp 100.000
|
4
|
Gaji Karyawan
|
Rp 1.200.000
|
5
|
Transfortasi
|
Rp 50.000
|
6
|
Kemasan
|
Rp 300.000
|
8
|
Kresek
|
Rp 20.000
|
9
|
Plastik
|
Rp 20.000
|
Jumlah
|
Rp 7.800.000
|
Ø Total Modal
Modal
Investasi + Modal Kerja
9.520.000 + 7.800.00 = 17.320.000
B. Pembiayaan
1.
Biaya Poduksi dan Harga jual
a) Bahan
Baku Matabak 20 buah (1 hari)
1) Tepug
3 kg = 30.000
2) Gula
pasir 1 kg =
12.000
3) Vanili
10.000 =
10.000
4) Telur
40 butir (2,5 kg) = 50.000
5) Air
7000 ml = -
b) Bahan
tambahan
1) Keju 1 batang = 20.000
2) Cokla
1 batang = 20.000
3) Buah
(mangga,strawbery,pisang) 2kg = 20.000
4) Susu
putih 2 kaleng =
15.000
c) Bahan
Baku Tamban
Pengisan gas 2 hari 1 kali =
10.000 +
Total
Biaya Produksi = 187.000/hari
Biaya
produks produksi perbulan 187.000 x 30 =
5.610.000/ bulan
Harga Pokok Produksi
5.610.000 : 600 buah = 9 .350/ buah
Harga Jual
25.000
X 600 buah = 15.000.000
Proyeksi Penjualan 1 Tahun
25.0000 – 9.350 = 15.650 X 600 = 9.390.000
Keuntungan kotor 9.390.000/Bulan
Diperoyeksikandapat menjual martabak 20
buah/bulan. Dalam 1 tahun di hitung 12 bulan
Jadi 600 X 12 = 3600 martabk/ Tahun.
C. Perhitungan Laba Rugi
Keuntungan Kotor/Bulan 9.390.000
Proyeksi 1 Tauhun 12
x
Laba
Kotor/ Tahun 112.680.000
Biaya Penjualan
Sewa
Tempat 500.000
Listrik
dan Air 100.000
Gaji Karyawan 1.200.000
Trasfortasi 50.000
Kemasan 300.000
Kresek 20.000
Plastik
20.000 +
Total Biaya Penjualan 2.190.000/Bulan
Untuk
1 Tahun 2.190.000 X 12 bulan = 26.280.000 -
Laba Bersih/Tahun
86.400.000
D. Perhitungan Kembali Modal (BEP/Break
Event Point)
BEP Unit
Total Biaya Tetap (gaji+produksi+sewa) 7.310.0000
Harga jual/unit 25.000
Biaya Berubah/Unit (listrk
air,kresek,plastik,kemasan,trasfort) 490.000/600= 816.7
(Total Biaya Tetap)
(Harga Jual/Unit – Biaya Berubah/Unit)
E. Analisis / Prediksi Keuangan 1 tahun
kedepan
Omzet =
199.080.000
Laba Kotor =
112.680.000
Laba Bersih =
86.400.000
Lampiran
A. Foto
Perkiraan Lokasi Usaha
B. Foto
Produk
FMC strawberyy FMC strawberyy
FMC
Pisang FMC
Mangga
Post a Comment