Cara Restart Network di Ubuntu

Farihin Muhamad
0

Terkadang saat melakukan konfigurasi suatu software pada linux (ubuntu khususnya) saya sering menggunakan/memerlukan fitur restart networking ini. Menurut pengalaman saya belakangan ini, fitur restart networking di ubuntu dari versi awal ke versi terkini ada semacam perubahan/ penambahan/ modifikasi. Dan dari analisa saya, nampaknya ada beberapa perintah yang tidak bisa dijalankan pada ubuntu versi sebelumnya atau versi terbaru.

Oleh karena itu saya coba merangkum beberapa perntah/command yang sering dan pernah saya coba untuk melakukan restart networking di ubuntu. Berikut ini command yang dapat anda coba:

1. sudo service networking restart
2. sudo /etc/init.d/network restart
3. sudo service network-manager restart
4. sudo ifdown eth0 && sudo ifup eth0
5. sudo systemctl restart NetworkManager.service
6. sudo nmcli networking off && sudo nmcli networking on

Catatan:
- Jika anda sudah log in dengan menggunakan Super User (root) maka anda tidak perlu menambahkan perintah sudo pada command diatas
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)