5 Pengaturan Windows Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Ulang

Farihin Muhamad
0

Sebelum mengistall aplikasi-aplikasi lain, ada beberapa pengaturan yang biasa saya lakukan dalam rangka memaksimalkan kinerja windows dan meminimalisir terjadinya kendala di kemudian hari. Berikut ini beberapa langkahnya:

1. Matikan Auto Run
Kenapa auto run saya matikan? Itu saya lakukan untuk mengantisipasi adanya eksekusi langsung pada media portable yang dihubungkan ke komputer.
Cara mematikannya: Buka Control Panel, pada kolom Search ketikan "auto" maka akan muncul hasil pencarian. Klik pada Autoplay, maka anda akan masuk ke jendela pengaturan autoplay, disini hilangkan tanda ceklis/centang pada "Use Autoplay for all media and device", setelah itu klik tombol Save.

2. Matikan User Account Control (UAC)
Konsep UAC ini pertama dikenalkan pada windows 7, entah apakah orang lain menganggap ini berguna atau tidak, tapi bagi saya UAC ini justru mengganggu. Mungkin windows ingin sedikit meniru gaya linux dalam hal previliges user akan tetapi menurut saya ini justru menambah keribetan dan bertolak belakang dengan filosofi windows yang mengharuskan segala sesuatunya simple (tapi tahun-tahun belakangan windows memang merubah hal-hal simple menjadi complicated, lihat saja fenomena start menu). Mengganggunya dimana? ya jelas saat kita ingin mengeksekusi aplikasi, kenapa harus ada konfirmasi dulu? logikanya kan kalau kita mengeksekusi file exe langsung itu kan memang kita sudah yakin, lho kalau sudah yakin kenapa harus ditanya lagi?

3. Matikan Windows Update
Memang windows update itu penting, karena fungsi utamanya adalah untuk mengupdate file-file system yang memuat bug atau sudah terlalu usang, namun menurut saya update ini lebih baik di setting ke manual ketimbang otomatis, karena dari pengalaman saya pernah kinerja komputer menjadi lemot karena proses updating ini (HDD usage-nya 90-100%) dan itu terjadi di waktu kerja dan tentau saja hal tersebut sangat tidak baik. Ada opsi lain sebenarnya selain mematikan, yaitu dengan men-set schedule update, akan tetapi ini pun saya takutkan akan sama halnya dengan problem sebelumnya, jadi saya pribadi lebih memilih  mematikan service ini dan mengeksekusinya kemudian hari jika saya menginginkan update.

4. Rubah Regional Setting Ke Indonesia
Bagi para pengguna Office (terutama Excel) hal ini sangat penting sekali, terkadang ada yang tidak tahu dan sengaja tidak mau tahu tentang hal ini dan hasilnya saat terjadi error pada file mereka yang bingung ya mereka sendiri. Regional setting ini fungsinya untuk mengubah beberapa pengaturan standar seperti penulisan tanggal, waktu, formatting currency dan lain-lain sesuai dengan negara yang dipilih pada pengaturan regional setting.

5. Matikan Windows Firewall (Optional)
Jika komputer anda bekerja pada sebuah jaringa dan memerlukan fasilitas sharing (atau kompter anda harus berinteraksi dengan komputer lain) maka untuk sementara atau selamanya anda harus mematikan Firewall terlebih dulu, karena Firewall ini kerjanya menangkal koneksi yang masuk ke komputer kita.

Sekian artikel di akhir tahun 2016 ini, semoga bermanfaat.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)