7 Aplikasi Gratis WAJIB Install di Komputer Anda

Farihin Muhamad
0

Baru beli komputer baru? Atau baru selesai install ulang? Kali ini saya akan memberikan beberapa saran/tips untuk anda berkaitan dengan aplikasi utama yang WAJIB anda install saat pertamakali membeli komputer/ install ulang. (Jangan lupa baca juga: Pengaturan Windows Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Ulang).

1. Archiving Software
Mengarsipkan file instalasi itu sangat penting sifatnya, tidak lain dan tidak bukan agar file installasi tetap terjaga/aman dari jangkitan virus. Selain itu archiving software juga berguna untuk mengkompress/memperkecil besar file.
Secara default windows sudah dapat membaca salah satu format file archive (.ZIP & ISO (win 8 up)), akan tetapi format-format penting lain seperti .RAR, .TAR, .GZ belum bisa dibaca, oleh karenanya kita harus menginstallkan salah satu software untuk mengatasi hal ini.
Beberapa software yang saya rekomendasikan: WinRAR, WinZip, 7Zip.

2. System Tool
System tool akan melakukan beberapa tugas penting yang akan sangat susah sekali jika kita lakukan sendiri (seperti menghapus cookie, menghapus browser history, menghapus dan memperbaiki registry files, menentukan startup aplikasi, dll.). Dengan bantuan system tools ini kita hanya perlu melakukan beberapa klik saja tanpa harus bersusah payah.
Aplikasi yang saya sarankan: CCleaner.

3. Internet Browser & FlashPlayer
Sekarang ini sudah jamannya internet, punya komputerpun pasti bukan hanya untuk negitk saja dan kebanyakan sekarang komputer beralih fungsi hanya untuk surfing internet saja, oleh karena itu penting untuk kita  menggunakan internet browser yang cepat, ringan, dan aman.
Entah kenapa kebanyakan orang termasuk saya tidak begitu puas dengan IE ataupun Edge, mungkin dari kurangnya beberapa fitur, oleh karenanya aplikasi ini wajib bagi saya untuk menginstallnya.
Aplikasi yang saya sarankan: Firefox, Chromre.

4. Antivirus & Antimalware
Sering surfing di dunia maya? Suka atau tidak suka aplikasi ini wajib ada di komputer anda (walau windows pun sebenarnya sudah memiliki self defence bernama Windows Defender), paling tidak tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman yang lebih bagi kita.
Pengamatan saya saja, komputer yang digunakan oleh orang yang tidak begitu paham tentang komputer cenderung akan lebih sering bermasalah. Untuk menghindari permasalahan tersebut (yang harusnya bisa diantisipasi sendiri) maka orang-orang ini butuh bantuan aplkiasi dan salah satunya adalah Antivirus & Antimalware.
Aplikasi yang saya sarankan: AVG, SMADAV, Malwarebytes.

5. PDF Reader
Salah satu jenis file yang paling banyak digunakan adalah PDF, biasanya kebanyakan orang menyimpan dokumennya dalam format PDF agar mudah pendistribusiannya dan dokumen tidak bisa di modifikasi lagi.
Pada windows 8-10 sudah ada pdf reader defaulnya, dan sebenarnya dibuka oleh internet browserpun bisa, akan tetapi menurut saya pribadi kurang afdol dan agak sedikit kurang fasilitasnya. Olehkarenanya saya pasti menginstallkan PDF Reader lain.
Aplikasi yang saya sarankan: Foxit Reader, SumatraPDF.

6.Office Application
Untuk standar komputer kerja sebenarnya sampai disini saja cukup, akan tetapi mungkin untuk apliasi yang satu ini kebanyakan orang memilih aplikasi yang sudah pasti digunakan oleh semua kalangan (Microsoft Office). Akan tetapi jika anda menghendaki aplikasi yang gratis maka tidak ada salahnya anda menginstallkan aplikasi lain.
Aplikasi yang saya sarankan: Libre Office, OpenOffice.

7. Media Player
Sebagai media hiburan, biasanya kita ingin menonton video clip atau film. Media player bawaan windows memiliki beberapa kekurangan yang cukup mendasar menurus saya (seperti navigasi yang scukup sulit, tidak bisa load subbtitle) sehingga hanya saya gunakan untuk memutar file MP3 saja, sedangkan untuk file video saya lebih memilih untuk menggunakan aplikasi lain.
Aplikasi yang saya sarankan: KLite, VLC.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)