Cara Merubah Ukuran Satuan Panjang (Satuan Ukur) di Excel 2016

Farihin Muhamad
0
Merubah satuan ukur (inchi, centi, dan mili) di excel terkadang sangat penting berkaitan dengan pengaturan layout naska, dan sebagian orang terkadang bannyak yang melewatkannya. Satu hal yang perlu diingat, satuan ukuran di office (word,excel,dll) akan dipengaruhi oleh regional setting yang digunakan oleh komputer/laptop. Untuk menandai hal ini silahkan lihat format jam atau tanggal pada pojok kanan bawah, jika format jam adalah AM/PM ataupun format tanggal mm/dd/yyyy maka sudah bisa dipastikan regional setting bukan indonesia (biasanya english us/uk).

Jika identifikasi menunjukan bahwa regional setting bukan Indonesia maka saya sarankan segera ganti ke Indonesia, caranya masuk ke Control Panel, pada kolom pencarian ketikan kata "region" (tanpa tanda kutip), setelah itu klik pada menu Region (hasil pencarian), pada tab format (pada jendela baru yang muncul) lihat pada ComboBox format klik disana dan pilih Indonesia, setelah itu tekan tombol OK untuk menyimpan pengaturan.

Setelah anda melakukan pengaturan regional setting maka biasanya secara otomatik Office akan mengatur beberapa pengaturan yang sesuai dengan region yang dipilah, diantaranya adalah pengaturan satuan ukur.

Jika anda tidak berkenan untuk melakukan perubahan Regional Setting maka anda harus melakukan pengaturan secara terus menerus saat anda membuat dokumen baru. Berikut ini cara merubah satuan ukuran melalui Excel langsung:
1. Klik/Masuk ke menu File (menu paling kiri).
2. Klik pada menu Options (menu paling bawah pada menu File).
3. Pada jendela baru yang muncul (jendela Excel Options) masuk ke menu Advance.
4. Cari bilah/bagian/section Display, dibawahnya ada pilihan Ruler Unit, klik pada ComboBox nya lalu pilih satuan yang dikehendaki (Inchi, Centi, Mili).
5. Setelah itu klik tombol OK.

Note: Untuk versi excel yang lain tidak terlampau beda, kuncinya ada di menu excel options.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)