Cara Download Dokumen / File dari Scribd Tanpa Harus Bayar

Farihin Muhamad
1
Beberapa hari kebelakang ada sebuah kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu mendesak mengenai penyusunan sebuah dokumen, karena baru pertama kali membuat dokumen semacam itu jadi lah saya meminta bantuan pada sang empunya internet mbah google.

Entah kebetulan atau tidak, dokumen yang saya butuhkan ada pada penyimpanan dokumen berjuluk scribd.com, sebelumnya saya sudah pernah daftar pada situs ini dan masih ingat betul bahwa dulu untuk mendownload dokumen maka pengguna diwajibkan untuk mengunggah dokumen terlebih dahulu. Akan tetapi setelah saya log in dan hendak mengunduh dokumen ini yang muncul adalah halaman yang mengharuskan saya membayar sejumlah nominal uang untuk dapat mengunduk dokumen.

Dengan adanya hal tersebut maka saya merasa tergugah untuk dapat mencari cara agar dapat mendownload dokumen tanpa harus mengeluarkan cost (masih mental gratisan :-D), kembalilah lagi saya pada google dan mendapatkan inspirasi yang datang dari video youtube berikut: https://www.youtube.com/watch?v=yMCXJLR4e00
Jika ingin nonton videonya silahkan, jika tidak maka silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Jadi begini caranya:
1. Pastikan anda memiliki link dokumen yang akan anda download. Contoh link ini:
https://www.scribd.com/doc/308332289/Tempat-Uji-Kompetensi-TUK

2. Pada angka yang ditebalkan dan digarisbahawi pada poin no satu, itu adalah document id. Anda harus mengingat document id ini atau anda bia meng-copy nya.

3. Pada halaman link tersebut anda klik kanan lalu pilih Page info, maka anda akan dialihkan pada tampilan coding halaman.

4. lakukan pencarian pada tampilan page info dengan menekan ctrl+F lalu ketikan "key" tanpa tanda kutip. Maka anda akan menemukan kata seperti ini "key-U2VfhH04TDTP3fqAJfaW". Ini dinamakan document key. Anda juga harus mengingat document key ini.

5. Anda harus melakukan copy-paste document id dan key ip pada link berikut:  http://d1.scribdassets.com/ScribdViewer.swf?document_id=308332289&access_key=key-U2VfhH04TDTP3fqAJfaW

6. Ganti pada bagian yang ditebalkan dan digaris bawahi.
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment