Cara Mengganti Drive Letter menggunakan CMD

Farihin Muhamad
0

Artikel ini menjelaskan cara mengganti drive letter (nama drive (C,D,E,F, dst...) ). Sebenarnya ini pengingat untuk saya sendiri saja, karena terkadang suka lupa juga kalau ilmu tidak diamalkan.

1. Buka Command Prompt (Run -> CMD), jika menggunakan Windows 8 Up pastikan anda buka dengan previlege administrator (Run As Administrator).

2. Ketikkan diskpart lalu tekan tombol Enter. Jendela command prompt baru akan muncul.

3. Pada jendela baru yang muncul ketikkan list vol, command ini akan menampilkan seluruh drive yang ada pada komputer lengkap dengan detail informasinya. 
Selanjutnya pastikan nomor volume drive yang akan anda ganti letternya. Setelah itu lanjut ke step nomor 4.

4. Ketikkan select vol (nomor volume drive yang akan dirubah) lalu tekan tombol enter, contoh: select vol 3, dengan command tersebut maka saya memilih volume 3 degan label Data. Jika berhasil memilih drive maka CMD akan menampilkan informasi.

5. Setelah volume kita pilih, sekarang saatnya kita mengganti letter dengan mengetik assign letter (a,b,c,d, dst...) lalu tekan tombol enter, contoh: assign letter i. Catatan: pastikan letter yang anda pilih belum digunakan, karena kalau sudah digunakan maka akan muncul pesan error.


Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)