Cara Mengatasi "Windows Cannot be Installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style"

Farihin Muhamad
0
Postingan ini adalah kelanjutan atau postingan yang berkaitan dengan postingan saya sebelumnya Cara Install Windows di Acer Aspire One 14 Z1401.

Masalah yang timbul akibat warning ini "Windows Cannot be Installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style" adalah kita tidak bisa menginstall Windows dikarenakan tipe partisi yang ada sebelumnya adalah tipe GPT, sedangkan kebanyakan jenis partisi yang digunakan adalah MBR.

Dari pengamatan saya tipe partisi GPT ini biasanya digunakan oleh pabrikan untuk menanam sistem operasi pada hard drive, sehingga user sebenarnya tidak diarahkan untuk melakukan install ulang sistem operasi pada device melainkan user diarahkan untuk melakukan factory reset (in case sistem operasi mengalami gangguan). Nah mungkin karena fitur/cara ini belum diketahui banyak orang sehingga kebanyan langsung saja tanpa berfikir panjang melakukan install ulang.

Solusi yang saya temukan ada 2, yaitu:
1. Cara pertama kita bisa meng-convert tipe partisi dari GPT ke MBR, kita bisa menggunakan software (contohnya: AOMEI Partition Assistant) atau jika sudah terlanjur mem-format partisi saat mencoba install ulang kita dapat menggunakan command prompt. Caranya anda dapat baca disini.
2. Cara kedua kita buat sebuah drive instalasi yang kompatible dengan device kita, biasanya tipe partisi GPT digunakan untuk device UEFI, jadi buatlah sebuah bootable flashdrive (caranya baca disini).

Terimakasih, seoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan isi kolom comment.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)