Contoh Proposal Prakerin (Praktik Kerja Industri) / PKL (Praktik Kerja Lapangan) SMK Jurusan RPL

Farihin Muhamad
0

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena dengan rahmat dan hidayah-Nya Proposal Kegiatan Penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) untuk Kelas XII pada Tahun Ajaran 2022/2023 dapat diselesaikan dengan baik.

Tujuannya disusunnya proposal ini adalah untuk kelengkapan dokumentasi dan gambaran mengenai alur kegiatan yang akan dilakukan secara keseluruhan. Sebagai bahan pertimbangan, kami juga lampirkan data-data yang diperlukan dan berhubungan dengan kegiatan ini. Dengan dibuatnya proposal ini diharapkan Kegiatan Penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Dengan diadakannya kegiatan ini semoga banyak manfaat yang didapatkan secara langsung ataupun tidak langsung oleh pihak-pihak terkait, dan tentunya tujuan utama kita bersama yaitu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa/siswa SMK Islam Madani terhadap dunia kerja dapat terealisasi.

Tentunya kelancaran kegiatan ini tidak akan dapat dicapai hanya dengan mengandalkan kinerja dari satu individu saja, oleh karenanya kami mengharapkan bantuan dan kerjasama dari berbagai pihak terkait. Atas perhatian, kebijaksanaan dan kepercayaan Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Cintaraja, Januari 2023

Kepala Jurusan RPL

 

 

Muhamad Farihin, S.T.


DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ..........................................................................................     i

KATA PENGANTAR ......................................................................................................    ii

DAFTAR ISI .....................................................................................................................   iii

BAB I PENDAHULUAN .................................................................................................    1

1.1 Latar Belakang ...............................................................................................    1

1.2 Dasar Pemikiran .............................................................................................    1

1.3 Maksud dan Tujuan .......................................................................................    2

BAB II RENCANA KEGIATAN ....................................................................................    3

2.1 Bentuk Kegiatan .............................................................................................    3

2.2 Waktu dan Tempat .........................................................................................    3

2.3 Susunan Kepanitiaan .....................................................................................    5

2.4 Anggaran .........................................................................................................    5

BAB III PENUTUP ..........................................................................................................    6

LAMPIRAN ......................................................................................................................    7


BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sebuah satuan pendidikan yang mempersiapkan para peserta didiknya untuk dapat langsung terjun ke dalam dunia kerja pada suatu bidang keahlian tertentu. Salah satu cara untuk mengenalkan lingkungan kerja/industri adalah dengan langsung melibatkan siswa/siswi kedalam aktifitas kerja di tempat kerja, dengan demikian perlu diadakan sebuah kegiatan yang dapat mewadahi tujuan ini.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan sarana yang paling tepat bagi para siswa/siswi untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses kerja yang berlangsung di sebuah industri, selain itu ini juga sebagai tahapan awal agar mereka dapat beradaptasi dalam dunia kerja yang mana hal ini akan menjadi sebuah bekal bagi mereka agar siap untuk memasuki dunia kerja yang nyata. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, maka siswa/siswi dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh di sekolah.

Secara mandiri sekolah juga perlu untuk mengkomparasi antara materi yang diajarkan pada siswa/siswi dengan kebutuhan nyata dunia kerja. Dengan adanya komparasi tersebut maka sekolah dapat memperbaiki kekurangan yang timbul. dengan demikian maka akan ada kecocokan antara kemampuan yang dimiliki oleh siswa/siswi dengan kebutuhan dunia kerja.

Mengingat banyaknya manfaat yang akan didapatkan baik itu oleh siswa/siswi maupun sekolah, dan menimbang pentingnya hal ini maka kami bermaksud untuk merealisasikan gagasan tersebut kedalam sebuah rencana kerja kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

 

1.2    Dasar Pemikiran

Selain itu ada juga beberapa peraturan/undang-untung dan keputusan Menteri yang mengatur tentang Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini, yaitu:

A.    UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

B.     Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;

C.     Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

 

1.3    Maksud dan Tujuan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) dimaksudkan agar siswa/siswi dapat mengerti, memahami, dan mampu mengikuti proses kerja yang diterapkan dalam suatu perusahaan. Selanjutnya siswa/siswi diharapkan dapat mencoba dan menerapkan apa yang telah didapatkan secara teori sehingga dapat lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang akan dihadapi.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan ini adalah sebagai berikut:

1)      Siswa/siswi mampu mengenali berbagai perangkat keras komputer.

2)      Siswa/siswi mampu melakukan perakitan perangkat komputer.

3)      Siswa/siswi mampu melakukan instalasi Sistem Operasi, dan software ataupun aplikasi penunjang lainnya.

4)      Siswa/siswi mampu mengenali berbagai perangkat keras jaringan komputer.

5)      Siswa/siswi mampu mengkonfigurasi jaringan komputer sederhana.

6)      Siswa/siswi mampu mengkonfigurasi berbagi sumber daya (Resource Sharing).

7)      Siswa/siswi mampu melakukan troubleshooting hardware dan jaringan.

8)      Siswa/siswi mampu menggunakan perangkat lunak pemrosesan kata (Word Processing), lembar sebar (Spread Sheet), dan presentasi (Presentation).

9)      Siswa/siswi mampu menggunakan perangkat lunak desain grafis.

10)  Siswa/siswi melakukan analisis mengenai kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

11)  Siswa/siswi mampu mengadministrasikan kegiatan dengan lengkap.

12)  Siswa/siswi mampu mempelajari hal lain yang belum/tidak diajarkan di sekolah.


BAB II

RENCANA KEGIATAN

2.1    Bentuk Kegiatan

Konsep dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang akan dilaksanakan dan diikuti oleh siswa/siswi SMK Islam Madani ini agak berbeda dari yang lainnya dimana kegiatan akan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan diatur sedemikian rupa agar aktivitas berjalan atau pekerjaan yang dilakukan siswa/siswi sama persis seperti apa yang dilakukan di sebuah perusahaan/tempat kerja.

Dengan konsep ini maka siswa siswi tidak datang ke perusahaan melainkan pihak sekolah yang akan  mendatangkan pemateri atau trainer dari dunia kerja ke sekolah. Setiap harinya trainer akan meberikan pendampingan dan penugasan pada para siswa/siswi berkaitan dengan hal-hal yang sering dilakukan dan dibutuhkan di tepat kerjanya.  Siswa/siswi tidak hanya mendengarkan ceramah dari pemateri saja namun mereka akan melakukan praktik langsung.

Setiap harinya siswa/siswi diwajikan untuk membuat jurnal harian yang didalamnya mencatat setiap kegiatan yang dilakukan pada hari itu dan disupervisi oleh pemateri yang bertugas. Dan untuk menyimpulka rangkaian kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini maka siswa/siswi diwajibkan untuk membuat sebuah laporan kegiatan (dengan struktruk yang sudah ditentukan) yang mana laporan ini akan diuji kebenarannya pada proses Sidang Laporan PKL.

 

2.2    Waktu dan Tempat

Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini akan berlangsung selama 2 bulan, yaitu pada tanggal 06 Februari 2023 s/d 18 Maret 2023, dan bertempat di Kampus SMK Islam Madani, dengan rincian sebagai berikut :

 

Hari Libur

 

Pelaksanaan PKL

 

Februari 2023

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum'at

Sabtu

Minggu

 

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

Maret 2023

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

Jum'at

Sabtu

Minggu

 

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

 

Berikut ini merupakan jadwal kegiatan terperinci untuk kegiatan ini:

No

Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1

Pembekalan siswa & pembukaan kegiatan

4 Februari 2023

2

Pembukaan kegiatan PKL

6 Februari 2023

3

Pelaksanaan kegiatan PKL

6 Februari 2023 – 18 Maret 2023

4

Monitoring oleh pembimbing

18 Februari 2023, 11 Maret 2023

5

Bimbingan laporan

6 Februari 2023 – 18 Maret 2023

6

Penutupan Kegiatan PKL

18 Maret 2023

7

Pengumpulan buku jurnal dan laporan

20 Maret 2023

8

Sidang PKL

9 April 2023

 

Berikut ini Nama Pemateri dan Materi yang akan diajarkan:

No

Nama

Instansi

Materi

Keterangan

1

Muhamad Farihin, S.T.

Sekolah

Desain Grafis & Pemrograman

2 kali pertemuan per-minggu

2

Haerul Pebriansyah

Sekolah

Penyusunan Laporan

1 kali pertemuan per-minggu

3

Tbd.

DUDI

-    Perakitan Komputer

-    Instalasi OS & Software

-    Instalasi jaringan komputer

-    Resource Sharing

-    Microsoft Word, Excel, PowerPoint

1 kali pertemuan per-minggu


2.1    Susunan Kepanitiaan

Berikut ini adalah susunan kepanitian untuk kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak Tahun 2023:

1)      Penanggungjawab       : Agung Prasetya, S.Pd.

2)      Ketua pelaksanan        : Muhamad Farihin, S.T.

3)      Bendahara                   : Nur Amelia Pebrianti

4)      Anggota                      : Haerul Pebriansyah

 Rosmiati, S.Pd.

 Ela Nurlaela

 

2.2    Anggaran

Untuk kelancaran dan berjalannya kegiatan ini maka ada banyak hal yang harus dipersiapkan, berikut ini merupakan rincian anggaran yang diperlukan dalam kegiatan ini:

TERLAMPIR


BAB III

PENUTUP

Demikian proposal kegiatan Praktik Kerja Lapangan ini dibuat dengan harapan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi kita semua selaku civitas akademika SMK Islam Madani. Namun dalam perjalanannya kami sangat membutuhkan bantuan, kerjasama, serta kontribusi pemikiran dan kinerja dari semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan agenda besar kita ini. Akhir kata salam penuh cinta dan persaudaraan, mari bersama-sama majukan pendidikan untuk generasi yang lebih baik.


Password: propkl.farihinmuhamad

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)