Java Programming - Pertemuan 6 (Method, Stuktur Method, Method Overloading)

Image from https://www.pexels.com/@cottonbro

Function / Method

  • Function adalah sebuah kumpulan kode program yang dibuat untuk menyelesaikan masalah/tugas tertentu, dan biasanya tugas/masalah yang diselesaikan bisa berkali-kali/berulang. Jadi sederhananya function adalah kode program yang ditulis untuk dapat digunakan kembali secara cepat.
  • Dalam Java kita tidak akan menggunakan istilah function karena java memegang konsep OOP jadi istilah yang digunakan adalah method.
  • Method dibagi 2 (Built-in method & User defined method). Built-in method adalah method yang sudah ada atau dibuat terlebih dahulu di dalam java, sedangkan user defined method adalah method yang dibuat sendiri oleh pengguna.


Challenge 1

  • Buat sebuah method yang mempunyai 3 parameter (Nama, Kelas, Alamat), dan jika method digunakan/dipanggil maka akan menampilkan pesan:
  • Nama : .......
  • Kelas : .......
  • Alamat : .......
  • Sejajarkan titik dua (:) dengan tab


Challenge 2

  • Buat sebuah inputan:
  • Masukan nominal uang dalam Dollar :
  • Buatlah sebuah method yang digunakan untuk menghitung nilai dollar kedalam rupiah (dengan asumsi 1 dollar = 14500 rupiah), dan menampilkan hasil:
  • Nilai uang *** Dollar sama dengan *** Rupiah.


Struktur Method

  • Access Specifier / Modifier : adalah tipe method yang akan dibuat yang menentukan bagaimana penggunaan method tersebut. Java menyediakan 4 tipe modifier sebagai berikut:
  • Public: method dapat digunakan diberbagai class dalam program kita.
  • Private: method hanya dapat digunakan pada class tempat method tersebut dibuat.
  • Protected: method dapat digunakan hanya dalam package yang sama atau subclasses dalam package yang berbeda.
  • Default: jika tidak menentukan jenis modifier maka java akan menggunakan tipe default. Method default akan dapat digunakan hanya dalam package yang sama.
  • Method Signature: adalah pembeda antara satu method dengan method yang lainnya, selai itu method signature ini juga akan berperan sebagai aturan pada method overloading.
  • Return Type: adalah tipe data yang ingin dihasilkan (boleh primitive data type, object, collection, void, dll.) Jika method tidak me-return apapun maka gunakan void.
  • Method Name: adalah nama unik yang dapat menggambarkan isi/maksud method yang dibuat.
  • Parameter List: adalah daftar parameter yang dapat digunakan untuk untuk memberikan value dalam kode yang ada pada method body. jika method tidak memiliki parameter maka biarkan tutup-buka kurungnya kosong.
  • Method Body: adalah bagian dimana kita menuliskan kode-kode perintah yang akan dijalankan saat method dipanggil.


Challenge 3

  • GUNAKAN METHOD YANG MERETURN VALUE UNTUK MENYELESAIKAN SOAL BERIKUT:
  • Munculkan kata “Menghitung Waktu Tepuh” pada awal program.
  • Buat 2 input user:
  • Masukan jarak yang akan ditempuh :
  • Masukan kecepatan kendaraan :
  • Munculkan pesan:
  • Jarak *** KM yang ditempuh dengan kecepatan *** KM/Jam tergolong (CEPAT/LAMBAT), karena waktu yang dibutuhkan *** menit.
  • Dikatakan LAMBAT bila waktu tempuh lebih dari 60 menit, dan jika kurang atau sama dengan 60 maka dikatakan CEPAT.
  • Method digunakan untuk menghitung waktu tempuh


Method Overloading

  • Dalam java kita diperbolehkan memiliki beberapa (lebih dari 1) method dengan nama method yang sama, namun dengan catatan parameter yang digunakan harus berbeda. Hal ini dinamakan Method Overloading.
  • Contoh: hitung(), hitung(1,3), hitung(3,5,8)
  • Ketiga contoh method diatas merupakan contoh method overloading karena memiliki nama method yang sama namun masing-masing berbeda parameternya.


Untuk materi full yang sudah dilengkapi dengan gambar silahkan DOWNLOAD DISINI.
Password : java6.farihinmuhamad

Post a Comment

Previous Post Next Post