Memulai Petualangan dibidang Microstock bersama Shutterstock

Image: https://unsplash.com/@joshstyle

2021 mungkin seharusnya sudah bukan waktunya lagi untuk memulai petualangan di dunia microstock, kenapa demikian? sederhana saja, karena sekarang ini sudah terlalu banyak contributor yang ambil bagian pada platform-platform microstock dari mulai individu yang aset portofolionya masih ribuan  hingga korporasi yang koleksi portofolionya berjumlah jutaan, jadi singkatnya peluang kita untuk mendapatkan eksposur sangatlah kecil. Terus kenapa masih mau ikutan juga? ada pepatah lama yang bilang "better late than never" kan jadi ya tidak ada salahnya juga untuk mencoba, namun kita mesti inget posisi kita sekarang dan jangan berekspektasi terlalu tinggi (keculi siap untuk bener-bener jatuh kalau gagal), intinya take it easylet it flow dan konsisten.

Microstock berbayar dan yang gratisan kurasinya (penyeleksian foto yang boleh diterbitkan) juga berbeda, yang berbayar tentu saja akan sangat ketat dengan aturan ini itu meskipun kadang aku juga gagal paham ada foto yang menurutku jelek malah diterima dan yang menurutku bagus malah ditolak. Aku main di shutterstock untuk yang berbayar dan aku main di unsplash untuk yang gratisan, terus terang saja sebagian foto yang ku upload di unsplash adalah foto yanng ditolak di shutterstock dan kalau aku lihat statistik view dan downloadnya lumayan banyak juga jadi sistem kurasi ini sebenarnya kurang ideal sih menurut ku.

Di kedua platform aku belum sampai upload 100 konten, niatnya aku ingin upload 10 foto perhari hanya saja ternyata susah ya. Aku inget nontoh video di youtube yang kurang lebih poinnya adalah "bermain di shutterstock adalah tentang angka" maksudnya makin banyak foto di akun kita (di portofolio kita) maka makin besar juga kemungkinan foto kita muncul di hasil pencarian. Nah jadi sekarang yang harus aku lalukan sepertinya tinggal istokomah upload, kalau target 10 foto perhari bisa terealisasi kemeungkinan dalam 1 tahun bisa ada 3600 foto yang diupload dan kalau melihat statistik upload ku sekarang yang hampir 50% reject & 50% approve maka 1 tahun kedepan targetku adalah 1800 foto. Ini akan menjadi tantangan yang cukup berat, tapi mari kita lihat perjalanannya.

Untuk sekarang sekian dulu, kita lihat tahun depat apakah ada kemajuan di income hahaha :-D

Post a Comment

Previous Post Next Post