Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah serangkaian rencana kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan oleh pendidik dan siswa (Peserta Didik) agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien
Strategi pembelajaran masih bersifat umum dan konseptual yang harus diimplementasikan secara lebih operasional menggunakan metode pembelajaran tertentu.
Komponen Strategi Pembelajaran
- Urutan Kegiatan Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Media yang Digunakan
- Waktu Kegiatan Tatap Muka
- Pengelolaan Kelas
- Evaluasi dan Tindak lanjut
Kegiatan Pembelajaran Ditinjau dari strateginya
- Exposition-discovery learning
- Group-individual learning
Kegiatan Pembelajaran Ditinjau dari cara penyajiannya
- Pembelajaran Deduktif
- Pembelajaran Induktif
Pengertian Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan yang bersifat operasional untuk mencapai tujuan pembelajaran
Jenis metode pembelajaran:
- Ceramah
- Brainstorming
- Demonstrasi
- Simposium
- Diskusi
- Karyawisata
- Simulasi
- Debat
- Eksperimen/praktik
- Simposium
Pemilihan Metode Pembelajaran harus mempertimbangkan:
- Karakteristik Peserta Didik: Peserta didik belajar bergantung bukan hanya pada apa yang mereka pikirkan tetapi bagaimana mereka berpikir, tingkat perkembangan, minat, dan pengalamannya
- Lingkungan Belajar: Metode Pembelajaran dipilih untuk menciptakan lingkungan belajar dan aktivitas spesifik yang harus dilakukan pendidik dan Peserta didik selama kegiatan pembelajaran
- Karakteristik Bahan Ajar: Metode pembelajaran yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis dan karakteristik bahan ajar
Credit to Dr. Nandang Hidayat, M.Pd.
PASSWORD: strapem.farihinmuhamad.blogspot.com
Post a Comment