8 Prinsip Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi)

1. Belajar adalah berubah

  • Belajar adalah perubahan pengetahuan, sikap atau perilaku
  • Memperoleh informasi pengetahuan baru merupakan bagian kehidupan OD setiap hari
  • OD mencari kesempatan belajar
  • Belajar adalah proses individual
  • Learning is an individual process.

Catatan:

  • Belajar dapat disebut sebagai sebuah perubahan perilaku
  • Perubahan pengetahuan merupakan hasil yang paling sering dicapai dalam pembelajaran OD


2. ORANG DEWASA (OD) harus ingin belajar

  • OD memilih bagaimana aktifitas belajar
  • Beberapa program membutuhkan partisipasi
  • Efisiensi dan pencapaian belajar berhubungan dengan motivasi personal
  • Mengidentifikasi faktor dalam pembelajaran OD

Catatan:

  • OD bebas memilih bagaimana aktifitas belajar
  • Beberapa program membutuhkan partisipasi
    • potensial mengurangi kualitas pembelajaran
  • Efisiensi belajar dan capaian hasilnya berhubungan langsung dengan motivasi personal
    • kurangnya motivasi
    • program pelayanan, workshop yang ‘up date’
  • Harus disiapkan untuk mengidentifikasi faktor dalam pembelajaran OD


3. OD belajar sambil berbuat

  • Orang dewasa belajar paling baik melalui partisipasi langsung dalam proses belajar
  • Perencanaan yang dimulai dari “entry level”
  • Hambatan yang signifikan untuk belajar:
    • penghargaan diri yang rendah
    • tidak percaya pada kemampuan sendiri
    • ketakutan akan ejekan atau kegagalan
  • Mengatur kegiatan yang menjamin keberhasilan .

Catatan:

  • Belajar terbaik pada OD melalui partisipasi langsung thd proses belajar
  • Pendidik OD harus merencanakan program-program yang dimulai di tingkat “entri " kemudian meningkatkan kesempatan bagi orang dewasa untuk menjadi terlibat dalam pembelajaran 
  • Mengatur kegiatan yang menjamin keberhasilan 


4. Fokus pada masalah nyata

  • Pengetahuan dan keterampilan dengan aplikasi langsung 
  • OD tidak punya waktu atau kesabaran untuk belajar informasi yang tidak relevan 
  • Gunakan pendekatan induktif untuk belajar 
    • gunakan situasi nyata
    • identifikasi dan rumuskan masalah
    • Mengusulkan alternatif solusi 
    • Membangun kesimpulan

Catatan:

  • Fokus pada pengetahuan dan keterampilan yang memiliki aplikasi langsung
  • Kebanyakan OD tidak punya waktu, kesabaran, atau keinginan untuk belajar informasi yang tidak relevan 
  • Hilangkan: "Apa hubungannya dengan saya?”
  • Gunakan pendekatan induktif untuk belajar 
  • gunakan situasi nyata 
  • Studi kasus, bermain peran, demonstrasi
  • Kesimpulan melibatkan prinsip umum atau konsep 
  • Strategi Induktif lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan deduktif dengan pelajar dewasa 
  • Gunakan banyak contoh yang mengarah untuk memecahkan masalah atau meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan 
  • Informasi dan pengetahuan lebih lama dipertahankan OD dengan menggunakan pendekatan induktif .


5. Pengalaman mempengaruhi belajar

  • Pengalaman mempengaruhi (+ atau -) belajar OD
  • Experience influences (+ or -) adult learning.
  • Pengalaman adalah karakteristik kumulatif 
  • Bervariasi secara luas diantara kelompok OD 
  • Peserta tertanam pengalaman sebelumnya 
  • Kemungkinan terlalu luas atau kurang ruang lingkupnya 
  • Menambah pengetahuan baru atau keterampilan adalah “ketergantungan hidup" 
  • Mengenali pengaruh plus dan minus 
  • Belajar kembali diperlukan dalam masyarakat saat ini 


6. Lingkungan belajar informal

  • Peraturan menghambat belajar OD
  • Kendali perendaman dalam proses pendidikan
  • Kebanyakan OD menerima petunjuk sikap
  • Diperlukan istirahat untuk refreshing 
  • Istirahat terjadwal meningkatkan proses belajar
  • Berikan kesempatan interaksi antar peserta
  • Menganjurkan diskusi informal yang rileks

Catatan:

  • Aturan yang keras menghambat belajar OD
  • Berikan keleluasaan OD untuk terlibat penuh dalam proses
  • Kebanyakan OD menerima petunjuk sikap
  • Tingkat penerimaan tergantung pada keterlibatan
  • OD mengembangkan peraturannya sendiri
  • Merangsang pembelajaran sendiri secara terarah
  • Menyediakan perhatian pada aspek positif belajar


7. Variasi metode pembelajaran

  • OD belajar melalui keinginannya
  • Keinginan yang banyak meningkatkan retensi
  • Jelaskan antara efektivitas dan efisiensi
  • Jelaskan arah ketika merencanakan program
  • Tujuan program
  • Sasaran program

Catatan:

  • OD belajar melalui keinginannya 
    • Inklusi semua indera meningkatkan efektivitas belajar OD
    • Memasukkan kegiatan yang membutuhkan rangsangan sensor
  • Penjelasan efisiensi intruksional dan efektivitas instruksional pada pendidikan OD
  • Memaksimalkan efektivitas: retensi jangka panjang
  • Memaksimalkan efisiensi: transmisi  informasi


8. Pendampingan, bukan nilai 

  • OD mengevaluasi pencapaian atau performanya secara individual
  • Hindari penerapan standar yang ketat, kecuali dibutuhkan untuk keahlian khusus atau kebutuhan sertifikasi 
  • OD mendapat keuntungan dari peningkatan kemampuan sebagai pembelajar


Credit to LSK PNF

DOWNLOAD LINK

PASSWORD: ppod.farihinmuhamad.blogspot.com

Post a Comment

Previous Post Next Post