1. Belajar adalah berubah
- Belajar adalah perubahan pengetahuan, sikap atau perilaku
- Memperoleh informasi pengetahuan baru merupakan bagian kehidupan OD setiap hari
- OD mencari kesempatan belajar
- Belajar adalah proses individual
- Learning is an individual process.
Catatan:
- Belajar dapat disebut sebagai sebuah perubahan perilaku
- Perubahan pengetahuan merupakan hasil yang paling sering dicapai dalam pembelajaran OD
2. ORANG DEWASA (OD) harus ingin belajar
- OD memilih bagaimana aktifitas belajar
- Beberapa program membutuhkan partisipasi
- Efisiensi dan pencapaian belajar berhubungan dengan motivasi personal
- Mengidentifikasi faktor dalam pembelajaran OD
Catatan:
- OD bebas memilih bagaimana aktifitas belajar
- Beberapa program membutuhkan partisipasi
- potensial mengurangi kualitas pembelajaran
- Efisiensi belajar dan capaian hasilnya berhubungan langsung dengan motivasi personal
- kurangnya motivasi
- program pelayanan, workshop yang ‘up date’
- Harus disiapkan untuk mengidentifikasi faktor dalam pembelajaran OD
3. OD belajar sambil berbuat
- Orang dewasa belajar paling baik melalui partisipasi langsung dalam proses belajar
- Perencanaan yang dimulai dari “entry level”
- Hambatan yang signifikan untuk belajar:
- penghargaan diri yang rendah
- tidak percaya pada kemampuan sendiri
- ketakutan akan ejekan atau kegagalan
- Mengatur kegiatan yang menjamin keberhasilan .
Catatan:
- Belajar terbaik pada OD melalui partisipasi langsung thd proses belajar
- Pendidik OD harus merencanakan program-program yang dimulai di tingkat “entri " kemudian meningkatkan kesempatan bagi orang dewasa untuk menjadi terlibat dalam pembelajaran
- Mengatur kegiatan yang menjamin keberhasilan
4. Fokus pada masalah nyata
- Pengetahuan dan keterampilan dengan aplikasi langsung
- OD tidak punya waktu atau kesabaran untuk belajar informasi yang tidak relevan
- Gunakan pendekatan induktif untuk belajar
- gunakan situasi nyata
- identifikasi dan rumuskan masalah
- Mengusulkan alternatif solusi
- Membangun kesimpulan
Catatan:
- Fokus pada pengetahuan dan keterampilan yang memiliki aplikasi langsung
- Kebanyakan OD tidak punya waktu, kesabaran, atau keinginan untuk belajar informasi yang tidak relevan
- Hilangkan: "Apa hubungannya dengan saya?”
- Gunakan pendekatan induktif untuk belajar
- gunakan situasi nyata
- Studi kasus, bermain peran, demonstrasi
- Kesimpulan melibatkan prinsip umum atau konsep
- Strategi Induktif lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan deduktif dengan pelajar dewasa
- Gunakan banyak contoh yang mengarah untuk memecahkan masalah atau meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan
- Informasi dan pengetahuan lebih lama dipertahankan OD dengan menggunakan pendekatan induktif .
5. Pengalaman mempengaruhi belajar
- Pengalaman mempengaruhi (+ atau -) belajar OD
- Experience influences (+ or -) adult learning.
- Pengalaman adalah karakteristik kumulatif
- Bervariasi secara luas diantara kelompok OD
- Peserta tertanam pengalaman sebelumnya
- Kemungkinan terlalu luas atau kurang ruang lingkupnya
- Menambah pengetahuan baru atau keterampilan adalah “ketergantungan hidup"
- Mengenali pengaruh plus dan minus
- Belajar kembali diperlukan dalam masyarakat saat ini
6. Lingkungan belajar informal
- Peraturan menghambat belajar OD
- Kendali perendaman dalam proses pendidikan
- Kebanyakan OD menerima petunjuk sikap
- Diperlukan istirahat untuk refreshing
- Istirahat terjadwal meningkatkan proses belajar
- Berikan kesempatan interaksi antar peserta
- Menganjurkan diskusi informal yang rileks
Catatan:
- Aturan yang keras menghambat belajar OD
- Berikan keleluasaan OD untuk terlibat penuh dalam proses
- Kebanyakan OD menerima petunjuk sikap
- Tingkat penerimaan tergantung pada keterlibatan
- OD mengembangkan peraturannya sendiri
- Merangsang pembelajaran sendiri secara terarah
- Menyediakan perhatian pada aspek positif belajar
7. Variasi metode pembelajaran
- OD belajar melalui keinginannya
- Keinginan yang banyak meningkatkan retensi
- Jelaskan antara efektivitas dan efisiensi
- Jelaskan arah ketika merencanakan program
- Tujuan program
- Sasaran program
Catatan:
- OD belajar melalui keinginannya
- Inklusi semua indera meningkatkan efektivitas belajar OD
- Memasukkan kegiatan yang membutuhkan rangsangan sensor
- Penjelasan efisiensi intruksional dan efektivitas instruksional pada pendidikan OD
- Memaksimalkan efektivitas: retensi jangka panjang
- Memaksimalkan efisiensi: transmisi informasi
8. Pendampingan, bukan nilai
- OD mengevaluasi pencapaian atau performanya secara individual
- Hindari penerapan standar yang ketat, kecuali dibutuhkan untuk keahlian khusus atau kebutuhan sertifikasi
- OD mendapat keuntungan dari peningkatan kemampuan sebagai pembelajar
Credit to LSK PNF
PASSWORD: ppod.farihinmuhamad.blogspot.com
Post a Comment