Cara Membuat Satuan (JAM, PCS, KG, BOX, SET, DLL) Menggunakan Format Cell Custom

Farihin Muhamad
0
Didalam Excel secara garis besar kita akan berinteraksi dengan 2 tipe data (text (a-z) & number (0-9)) dan secara teknis sebenarnya yang dilakukan didalam Excel adalah melakukan perhitungan-perhitungan dengan rumus yang mana untuk kegiatan ini yang diperlukan adalah tipe data number dan tidak jarang tipe data teks hanya dijadikan pelengkap/sebagai dekorasi saja, namun keduanya tetap saling membutuhkan satu sama lainnya.

Berkaitan dengan satuan seperti jika kita menulis 1 Kg atau 1 cm maka bisa disimpilkan bahwa telah terjadi percampuran 2 tipe data disini dimana 1 merupakan number dan kg/cm merupakan teks. Jika 1 kg atau 1 cm ditulis secara langsung maka dapat dipastikan perhitungan yang dilakukan akan menghasilkan nilai yang salah atau bahkan error. Untuk lebih jelasnya maka kita bahas contoh seperti pada gambar dibawah ini:

Untuk mengisi Biaya Parkir maka yang harus dilakukan adalah mengalikan Tarif/jam dengan Lama Parkir (rumusnya =C3*D3), seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kita menulis 6 jam langsung pada cell D3 maka walaupun rumus kita benar maka hasilnya masih akan salah karena tipe bilangan text tidak akan bisa menerima aktivitas perhitungan (kali bagi tambah kurang), oleh karenanya tulislah bilangannya saja (6, 3, 4, 2...), sedangkan untuk satuannya kita akan melakukan format cell pada isi kolom lama parkir diatas.

Namun format cell yang akan kita buat (secara default) tidak akan ada pada pilihat format cell karena yang akan kita gunakan adalah format cell custom. Baiklah sekarang kita coba selesaikan permasalahan ini dengan langkah-langkah sebagai beerikut:
1. Silahkan blok cell/range yang ingin diformat (contoh diatas maka kita blok dari cell D3 sampai D9).
2. Klik kanan lalu klik Format cells...

3. Jendela Format Cells akan muncul, dan pada jendela ini silahkan masuk ke Tab Number dan klik pada Category Custom.

4. Pada kolom Type tuliskan 0" Jam" (dibacanya: nol tanda kutip dua spasi Jam tanda kutip dua), dan lihat pada Sample akan terlihat hasil dari formatting yang diberikan (disana sudah tertulis 6 Jam berarti formatting yang diberikan sudah sesuai dengan yang diinginkan). Setelah itu klik tombol OK.

5. Catatannya: jika ingin merubah satuan yang lain seperti kg, pcs, box, dll. yang harus kamu ganti hanyalah kata Jam nya saja (pada contoh poin no 5).

Sekian postingan kali ini, semoga ada manfaatnya dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)