Download Contoh SOP Komplit

Farihin Muhamad
0

Beberapa waktu yang lalu (yang sudah lama tepatnya hahaha) saya sempat mengikuti sebuah pelatihan yang kurang lebih didalamnya dimasukan materi tentang SOP (Standard Operating Procedure). Secara garis besar SOP merupakan sebuah aturan main didalam sebuah ruang lingkup pekerjaan, jika pekerjaan ingin berhasil, sukses, dan menghasilkan yang diinginkan maka SOP ini perlu dilakukan dan ditaati. Hapir seluruh lembaga atau instansi atau perusahaan atau bentuk organisasi lain pasti memiliki SOP yang baku, yang mana biasanya akan berbeda antara SOP di satu tempat dengan di tempat lain, kenapa? karena kebutuhan dan lingkungan seuatu tempat juga akan mempengaruhi isi dari SOP itu sendiri.

Nah pada postingan kali saya share tentang beberapa contoh SOP yang dapat anda pelajari dan jadikan bahan perbandingan jika sekarang ini anda ditugaskan untuk merancang/membuat sebuah SOP. Apapun bidang yang anda geluti tujuan dasar dari SOP ini sama, yang membedakan sekali lagi adalah kebutuhan pada tempat anda berada.

Tanpa panjang lebah lagi berikut ini beberapa contoh form SOP yang dapat anda unduh. Beberapa contoh SOP yang saya cantumkan dalam postingan ini ada 5 buah SOP dan daftarnya adalah sebagai berikut:

Silahkan klik masing-masing link diatas untuk mendownload filenya. Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan ini bermanfaat.

NOTE: Password = sop.farihinmuhamad.blogspot.com

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)