Cara Melakukan Extended Frame/Frame Hold/Freeze Frame di Adobe Premiere Pro

Farihin Muhamad
1

Belajar editing video di premiere pro ternyata tidak semudah yang dibayangkan, butuh banyak sekali adjustment dan butuh pengorbanan untuk belajar banyak hal dasar. Salah satunya adala freeze frame atau dalam camtasia disebut extended frame dan di premiere pro disebut frame hold. Sebelumnya saya terbiasa mengedit video tutorial di camtasia dan hal ini sangat mudah, caranya hanya tinggal klik kanan di timeline video (di posisi manapun) lalu pilih Extend Frame dan atur berapa detik frame tersebut akan freeze. Namun di premiere pro langkahnya cenderung lebih panjang, berikut ini langkah-langkahnya:
1. Tempatkan marker (penanda) pada posisi video yang akan di extend.
2. Pilih Razor tool (tekan tombol C pada keyboard), maka kursor akan berubah menjadi icon silet.
3. Klik pada marker sehingga video akan terbagi (split) mejadi dua bagian.
4. Setelah itu klik kanan (kursor masih dalam bentuk Razor tool) pada marker (bagian yang ter-split) dan klik Frame Hold Options.
5. Window kecil akan muncul, lalu ceklis pada Hold On dan pada combo box pilih In Point. Hilangkan ceklis pada Hold Filters. Setelah itu klik tombol Ok.
6. Setelah itu ganti kursor ke Selection tool (tekan tombol V), sekarang klik dan drag tepian akhir klip  video pertama (pada video yang di split) ke arah kanan (sepanjang yang anda mau), makin panjang dragging anda maka akan semakin lama durasi extended frame-nya.

Sekian artikel kali ini, semoga membantu dan tarimakasih telah berkunjung.
Tags:

Post a Comment

1Comments

  1. Gabisa di panjangin om. wkwkwk. ada keterangan 0 duration gtu. knpa ya

    ReplyDelete
Post a Comment