10 Pengertian Database (Basisdata) Menurut Para Ahli

Farihin Muhamad
3


1. Menurut Fathansyah (2007)
“Basis data terdiri atas 2 kata, yaitu Basis dan data. Basis kurang lebih dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Sedangan Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang terekam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasi lainnya.”

2. Menurut Indrajani (2011)
Beberapa pengertian basis data, yaitu : 
a. Sebuah kumpulan data yang berhubungan secara logis dan merupakan penjelasan dari data tersebut yang dirancang dengan tujuan untuk
menemukan data yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Basis data juga dapat dikatakan sebagai kumpulan data yang selaing terintegrasi karena basis data dirancang untuk dapat digunakan oleh banyak pemakai, memegang data operasional dan juga penjelasan mengenai data tersebut, dan menghindari duplikasi data.
b. Sebuah kumpulan elemen data yang terintegrasi dan berhubungan secara logika. Basis data menggabungkan berbagai catatan yang sebelumnya disimpan dalam file terpisah ke dalam suatu elemen data. Menurut Connolly & Begg (2010, p65), basis data adalah sebuah kumpulan data yang saling berelasi secara logika dan dirancang untuk memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh suatu organisasi.
3. Bambang Hariyanto (2008)
Basis Data adalah Kumpulan data (elementer) yang secara logik berkaitan dalam merepresentasikan fenomena atau fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu.

4. Abdul Kadir & Terra Ch. Triwayuni (2003)
Basis Data adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi.

5. Linda  Marlinda  (2004)
Basis Data adalah suatu susunan atau kumpulan data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan yang diorganisir atau dikelola dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu menggunakan komputer sehingga mampu menyediakan informasi optimal yang diperlukan pemakainya.

6. Edhy Sutanta (2014)
Dalam  bukunya  yang  berjudul Analisa  Sistem  Basis Data yang dimaksud dengan Basis Data adalah sebagai berikut: “Basis  data  dapat  dipahami  sebagai  suatu  kumpulan  data  terhubung (interrelated  data) yang  disimpan  secara  bersama-sama  pada  suatu  media, tanpa  mengatap  satu  sama  lain  atau  tidak  perlu  suatu  kerangkapan  data (kalaupun ada maka kerngkapan data tersebut harus seminimal mungkin dan terkontrol (controlled redundancy), data disimpan dengan cara-cara tertentu sehingga  mudah  untuk  digunakan  atau  ditampilkan  kembali,  data  dapat digunakan  satu  atau  lebih  program-program  aplikasi    secara  optimal,  data disimpan  tanpa  mengalami  ketergantungan  dengan  program   yang  akan menggunakannya,  data  disimpan  dengan  sedemikian  rupa  sehingga  proses penambahan,  pengembalian,  dan  modifikasi  data  dapat  dilakukan  dengan mudah dan terkontrol.”

7. Nugroho Adi (2005)
Dalam bukunya  yang  berjudul Konsep Pengembangan  Sistem  Basis  Data menyebutkan: “Basis data adalah salah satu bagian dari sistem informasi secara keseluruhan.”

 8. C.J. Date (2010)
Basis Data adalah sekumpulan data persisten yang digunakan oleh system aplikasi dari suatu perusahaan. System basis data pada dasarnya merupakan suatu system penyimpanan record atau data yang terkomputerisasi.  

9. Kusrini (2007)
Basis data adalah kumpulan data yang saling berelasi. Data sendiri merupakan fakta mengenai obyek, orang dan lain-lain. Data dinyatakan dengan nilai (angka, deretan karakter, atau symbol).
Basis data dapat didefinisikan dalam berbagai sudut pandang seperti berikut ini:
- Himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga kelak dapat dimanfaatkan dengan cepat dan mudah
- Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi kebutuhan
- Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpan elektronis.

10. Connolly dan Begg (2010)
Basis data adalah kumpulan data yang terbagi dan terhubung secara logikal dan deskripsi dari data yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi.
Tags:

Post a Comment

3Comments

Post a Comment