Contoh Studi Kasus Sistem Informasi Akuntansi (SIA)

Farihin Muhamad
0
1.    Data adalah fakta-fakta,angka-angka atau sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan sehingga dari padanya  didapatkan kesimpulan yang berguna bagi para pemakainya.
Contoh Data:
•    Data penjualan ke konsumen
•    Bank data Asuransi mobil yang dilaporkan ke CD lalu di kirim ke dealer
Informasi adalah data yang telah diolah/diproses sehingga memiliki arti atau manfaat yang berguna/Hasil dari pengolahan data.
Contoh Informasi:
•    3-4 tahun mobil yang di jual ke konsumen akan dijual kembali oleh konsumen dan konsumen akan menggantinya dengan yang baru
•    Dealer membeli 25-100 mobil bekas
•    Mobil yang dijual memiliki VIN
Data-data dan informasi tersebut  perlu diolah kembali karena sangat penting untuk pengambilan keputusan pihak management perusahaan agar tidak mengalami kerugian.

2.    Para pembeli dapat mengetahui VIN kendaraan dimanapun dengan cara pembeli bisa langsung menanyakan ke dealer via telephon atau pembeli bisa langsung browsing via internet dengan masuk ke situs dealer atauu perusahaan tersebut.

3.    Saran-saran untuk perusahaan:
•    Seharusnya perusahaan tersebut bisa mengolah data-data secara optimal sehingga dapat menghasilkan informasi yang lebih berguna bagi pihak manajemen untuk pengambilan keputusan.
•    CD yang setiap bulan dikirimkan oleh Bank Data Asuransi ke dealer bisa diproses oleh bagian pembelian dan mengahasilkan informasi kendaraan-kendaraan mana saja yang masih dalam keadaan baik dan bisa dipertimbangkan untuk dibeli.Data-data asuransi tersebut bila perlu di print out kalau hanya dalam bentuk CD kadang ada kendala bila terjadi mati lampu dan hal-hal lain yang tidak di inginkan sehingga data tersebut tidak dapat di buka atau dilihat.
Informasi-informasi ini akan sangat mendukung perusahaan dalam pembelian kendaraan (Inventory) agar tidak adanya kerugian.
•    Agar dibuatnya laporan penjualan perminggu agar mempermudah dalam pengecekkaan penjualan dan target yang akan di capai.
•    Dari adanya informasi bahwa 3-4 tahun mobil yang dijual ke konsumen akan dijual dan diganti yang baru,harusnya perusahaan dapat membaca situasi tersebut dengan mendata dan membeli kembali mobil dari konsuumen dari pada harus membeli dari yang lain yang belum tentu terjamin kualitasnya,kalau dari konsumen sendiri setidaknya perusahaan sudah mengetahuinya.
•    Agar mempermudah konsumen dalam mengetahui VIN kendaraan,VIN diberikan kepada konsumen saat melakukan transaksi pembelian atau membuat data base yang langsung bias di akses dimana saja dan kapan saja sehingga akan meringankan tugas di perusahaan.

4.    Laporan yang harus dibuat, diantaranya :
    Laporan Persediaan/stock
    Laporan kelengkapan surat-surat kendaraan
    Laporan penjualan mingguan,bulanan,dan tahunan
    Laporan Asuransi kendaraan
    Laporan pergerakan konsumen
    Laporan pergerakan piutang
    Laporan Laba-Rugi
    Laporan Perubahan Modal
    Laporan Neraca
    Laporan Arus Kas
5.    Prosedur Sistem penjualan:
    Konsumen datang ke dealer lansung atau marketing mendatangi konsumen yang akan membeli kendaraan.
    Konsumen mengisi aplikasi konsumen yang telah disediakan oleh perusahaan.
    Konsumen membayar uang muka pembelian jika pembelian dilakukan secara kredit
    Jika pembelian cash konsumen membayar keseluruhan dari  nilai kendaraan beserta biaya administrasinya.
    Apabila konsumen membeli dg cara kredit bagian penjualan akan membuat kan order pembelian ke leasing
    Setelah administrasinya selesai barang akan dikirim ke konsumen sesuai dengan barang yang di inginkan konsumen
    Dealer akan mengurus surat-surat kendaraan tersebut dan akan memberikanya ke konsumen
    Selanjutnya pembayaran akan di lanjutkan ke leasing sehingga konsumen akan melakukan pembayaran via leasing
    Untuk selanjutnya dealer akan meminta faktur kepada vendor (Nisan,Suzuki,Honda dll)
    Dealer akan melakukan penagihan ke leasing
    Leasing melakukan pembayaran ke dealer
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)