Mengembalikan File Excel Yang Hilang Sebelum di Save

Farihin Muhamad
7

Pernah mengalami kehilangan data excel saat  file excel nya pun belum di save? Nah bagi yang pernah mungkin sudah tau rasanya bagaimana :-D

Ok ndak perlu basa basi lagi, jadi sebelum anda mengalami hal ini ada hal PREFENTIF/pencegahan yang harus anda lakukan agar anda bisa merecoveri file excel anda, hal itu adalah anda harus mengaktifkan fitur AutoSave dan Auto Recovery. Option ini berbeda pada tiap-tiap versi excel, jadi anda harus lebih teliti.

Logikanya, penyelamatan data ini dilakukan dengan mengambil file temporary (.tmp) buatan excel yang mana file temp ini langsung dibuat oleh excel saat pertama kali membuka dokumen. File temporary ini dapat anda temukan di: C:\Documents and Settings\<useraccount anda>\Application Data\Microsoft nah idenya adalah mmengambil file temporary disini jadi anda tinggal copy filenya, tapi HARAP DI INGAT setelah anda kehilangan data maka jangan dulu buka dokumen excel apapun,langsung saja masuk ke direktory temp, lihat tanggal modifikasi dan pilih file yang sesuai dengan kriteria anda, copy file tersebut.

Cara ini sudah saya praktekan tapi sayangnya belum berhasil (NAMUN PATUT DICOBA), analisis saya mengatakan bahwa file temp sudah tercampur oleh file hasil recovery (UNDELETE). Semoga anda beruntung dan berhasil mendapatkan file anda kembali :-D

Source: http://office-recovery.com/excel.asp
Tags:

Post a Comment

7Comments

  1. gan cara mengembalikan data yang hilang gimana? Nihh awalnya saya perbaikin dokumen di excel nah trus saya klik SAVE ehh taunya dokumen yg saya bikin tadi salah dan excelnya saya close dalam keadaan dokumen yg salah. trus biar saya bisa ngembaliin dokumen yg semula gimana ya gan? tolong sarannya gan :( Penting :(

    ReplyDelete
  2. kejadian saya tuh gini gan,, edit data. terus datanya ga ke save, komputernya error :v ngulang lagi jadinya, belum tau saya.

    visit www.simenteknindo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya udah dijelasin diatas gan.agar gak kejadian kayagini lg.pake auto save gan.lu kecilin angkanya bikin aja 1menit.maka exel dengan otomatis akan save file lu.

      Delete
    2. tetap aja, data gue yang hilang. karena belum ke save, ga bisa gue temuin gun

      Delete
  3. pak saya belum nge save file excelnya. kasus saya ini kepencet keluar dan tanpa sengaja klik tab dont save gimana cara mengembalikannya.
    mohon bantuannya gan, penting soalnya

    ReplyDelete
  4. Sy save data diexel udah benar, tp waktu kmputer dimatikan trus bukak exelnya datanya udah enggak ada, trus gimana ngembaliin datanya td?

    ReplyDelete
  5. NOTE: Cara ini pernah berhasil kok jadi saya post, sayangnya di problem terakhir yg coba saya pecahkan cara ini belum bisa menyelesaikan masalahnya, tapi semoga kamu mengerti kalau satu permasalahan yang sama mungkin cara penyelesaiannya bisa berbeda, karena faktor penyebab permasalahan yang sama juga sangat mungkin berbeda :-)

    ReplyDelete
Post a Comment