TIP'S Aman Jual Beli Online

Farihin Muhamad
0
Semenjak sering jual beli jersey, sudah puluhan kali saya bertransaksi online dan alhamdulillah belum pernah (dan semoga jangan sampai) tertipu oleh penjual nakal. Mungkin saya belum begitu pro, akan tetapi saya akan sedikit membagikan tips berdasarkan pengalaman saya. Berikut ini TIP'S Aman Jual Beli Online, versi saya :-D :

1. Selalu lakukan cek-background penjual.
Biasanya saya sering bertransaksi dengan perantara facebook, nah disitu saya selalu membuka profil penjual dan ini biasa saya lakukan sebelum bertanya-tanya pada si penjual. Biasanya jika penjual memang benar-benar asli penjual akan ada banyak jejak penjualan barangnya di wall, bahkan jika si penjual sudah tenar pasti akan banyak testimoni yang langsung nge-tag ke akun nya.

2. Cek originalitas gambar yang diberikan
Sebelum melakukan transaksi biasanya saya meminta gambar barang yang dijual, bahkan biasanya saya langsung cek gambar sebelum bertanya pada penjual. Cara cek gambar apakah si penjual benar-benar asli mem-foto sendiri ataukah sekedar comot dari internet itu gampang, banyak tutorialnya di mbah google. Biasanya penjual asli akan memfoto barangnya sendiri dan tidak menggunakan foto milik orang lain (foto hasil nyomot di internet).

3. Cek No Rekening, No HP, Pin BB, atau Akun penjual
Di zaman internet ini orang-orang akan lebih terbuka, artinya jika ada seseorang yang merasa tertipu maka biasanya dia akan men-share kejadian tersebut di internet entah itu di blog pribadi, media sosial atau bahkan di submit ke website khusus cek penipuan (anda bisa mencarinya juga di mbah google ya :-D)

4. Bertanya lah pada teman anda atau orang yan pernah bertransaksi dengan penjual
Biasanya ada penjual yang tidak rajin memposting testimony nah jika anda masih penasaran, bolehlah anda bertanya-tanya pada pelanggan lain, biasanya pelanggan lain pun akan welcome dan memberikan masukan seperti misal "ah si penjual a itu suka lama kirim barangnya" atau "si penjual b itu jujur, kembalian 1000 aja dia balikin", dan lain-lain.

5. Jika ragu, gunakanlah REKBER (Rekening Bersama)
Jika langkah diatas sudah anda lakukan dan anda masih ragu, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan fasilitas REKBER. Nah cara kerja REKBER ini adalah anda menggunakan jasa pihak ke-3 (bukan penjual lho ya), anda memesan barang pada penjual dan jika anda sudah deal anda mentransfer ke pihak ke-3 tersebut, pihak ke-3 akan menginformasikan jika anda sudah transfer, penjual akan mengirimkan barang, setelah barang anda terima anda konfirmasi ke pihak ke-3, pihak ke-3 mentransfer uang ke penjual.
Nah jika barang belum juga anda terima maka uang tidak akan di transfer oleh pihak ke-3 ke penjual dan jika memang penjual bohong maka uang anda dapat dikembalikan oleh pihak ke-3 ini. Akan tetapi biasanya pihak ke-3 ini tidak free artinya anda diharuskan membayar fee biasanya kurang lebih 10-15 rb.

Semoga bermanfaat :-D

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)