SISTEM INFORMASI LAMPID
(KELAHIRAN, KEMATIAN, KEPINDAHAN DAN KEDATANGAN) DENGAN REKAPITULASI DATA
PENDUDUK
Muhamad
Farihin (NIM: 11060026)
e-mail:
farihinmuhamad@gmail.com
Jurusan
Teknik Informatika STT-YBS Internasional Tasikmalaya
ABSTRACT
village office is a goverment
institute, it's bound to the civilian it self. LAMPID as one of civilian data
component, the process it selft still running on a manual process, where some
of obstacle may hapen on it, like searching and reporting process have to take
long time to do.
Computerized information system
is one of alternative sollution to handle the case. To build this LAMPID
information system there is some of ways, start from system analyzing,
designing new system, creating an applicationn and implementing the application
itself.
On the inforation system there
will be use an application that integrated with a database to make data
processing integrated on the application. With implementating this application,
reporting data, searching data and input data process expect to be easyer and
faster.
Keyword:
Inforation system, data, LAMPID, application.
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dari
waktu ke waktu perkembangan teknologi informasi kian menunjukan perkembangan
yang sangat signifikan. Indikasi perkembangan teknologi informasi ini
diantaranya adalah semakin beragamnya aplikasi komputer yang digunakan baik
yang bersifat stand-alone maupun client-server. Pengguna aplikasi tentu
saja berharap dengan menggunakan suatu aplikasi maka pekerjaan atau
keperluannya dapat terpenuhi, lebih lanjut lagi pekerjaan tersebut dapat
diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat. Bukan hanya mempermudah, akan tetapi
sebuah aplikasi (yang berbentuk sistem informasi) dituntut untuk dapat
menyediakan informasi yang reliable
artinya sebuah sistem informasi harus bebar-benar dapat menghasilkan informasi
yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Walaupun
dunia komputer sudah berkembang cukup lama, tetapi bidang catatan kependudukan
nampaknya baru akan bertransisi ke arah komputerisasi. Sebelumnya telah kita
ketahui bahwa pendataan KTP sudah mulai dirancang agar terintegrasi dalam
sebuah sistem komputerisasi berbasis data (database)
yang disebut e-KTP. Implementasinya memang belum begitu terasa, akan tetapi hal
ini merupakan sebuah langkah awal yang sangat baik dalam rangka menciptakan
sebuah sistem yang terpusat.
Senada
dengan usaha pemerintah diatas (pendataan e-KTP), penulis juga mempunyai
pemikiran yang sama untuk membuat sebuah sistem informasi mengenai data
kependudukan. Dalam hal ini, penulis lebih menyoroti tentang pengolahan data
penduduk di tingkat desa/kelurahan. Lebih lanjut lagi, pendataan penduduk yang
penulis maksud adalah pendataan LAMPID (Kelahiran, Kematian, Kepindahan dan
Kedatangan) Penduduk. Dari hasil pengolahan data LAMPID ini, nantinya dapat
dilihat perkembangan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, yang mana hal ini
sangat berguna bagi pemerintah desa, salah satunya agar pemerintah desa dapat
memantau sekaligus mengendalikan jumlah penduduk yang ada.
Berdasarkan
uraian diatas maka penulis bermaksud mengajukan skripsi dengan judul “SISTEM INFORMASI LAMPID (KELAHIRAN,
KEMATIAN, KEPINDAHAN DAN KEDATANGAN) DENGAN REKAPITULASI DATA PENDUDUK”.
1.2 Perumusan Masalah
Dari hasil penelitian yang dilakukan
oleh penulis, terlihat bahwa proses pengolahan data yang diterapkan belum
begitu optimal kendati sudah dibantu oleh apikasi komputer (word processor), dimana dalam prosesnya
setiap Ketua RW memberikan laporan bulanan kepada Kabid Pemerintahan lalu Kabid
Pemerintahan menuliskannya dalam sebuah buku register setelah itu barulah data
LAMPID direkap dan diketik di dalam sebuah aplikasi (word processor) barulah setelah proses pengetikan selesai dokumen
laporan dicetak.
Dengan sistem pengolahan data yang sedang
berjalan tersebut penulis mengasumsikan ada beberapa hal yang menjadi
penghambat, yaitu:
1.
Penulisan
data berulang.
2.
Pencarian
data yang tidak efektif.
3.
Komputasi
secara manual.
4.
Pembuatan
laporan terbilang lama.
1.3 Tujuan
dan Manfaat
Tujuan dari dilakukannya penelitian, perancangan,
dan pembuatan aplikasi LAMPID ini adalah untuk:
1.
Memberikan
sebuah solusi terhadap hambatan/masalah yang telah penulis kemukakan (dalam proses
pengolahan data LAMPID).
2.
Menyusun suatu
sistem informasi berbasis
komputer yang terstruktur
dan terarah, dengan harapan dapat
meningkatkan efiktifitas kerja petugas.
Dari penelitian yang telah dilakukan
diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.
Bagi Kantor/Pmerintah Desa
a.
Dapat digunakan sebagai salah satu pembanding
untuk pengevaluasian sistem pengolahan data yang sedang berjalan, bukan hanya
pengolahan data LAMPID saja tetapi pengolahan data-data yang lain.
b.
Diharapkan dengan diterapkannya sistem
informasi ini, Pemerintah Desa dapat dengan mudah memantau perkembangan jumlah
penduduknya.
c.
Menambah efektifitas kinerja petugas.
2.
Bagi Penulis
a.
Sebagai media investigasi terhadap
permasalahan yang akan diangkat ke dalam SKRIPSI.
b.
Mengetahui secara lebih seksama proses
pengolahan data LAMPID, sehingga dapat menganalisis apa kekurangan serta
kelemahannya sehingga penulis dapat merumuskan solusi yang paling baik.
1.4 Batasan
Masalah
Batasan masalah dalam skripsi ini adalah:
1.
Pengolahan
data LAMPID yang dimaksud adalah pengolahan data yang mencakup data kelahiran,
kematian, kepindahan, kedatangan penduduk beserta rekapitulasi jumlah
penduduknya.
2.
Beberapa
penambahan seperti laporan grafik dan juga laporan penyerahan data dari Ketua
RW adalah pelengkap aplikasi.
1.5 Metodologi
Penelitian
Dalam
penyusunan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan penulis adalah “Linear Sequential Model”. Model ini
sering disebut dengan “Classic Life Cycle”
atau lebih dikenal dengan nama model Waterfall.
II TEORI PENUNJANG
2.1 Pengertian
Sistem Informasi
Ada beberapa pengertian mengenai sistem
informasi, diantaranya adalah sebagai beikut:
1.
Definisi
Jogiyanto yang mengutip dari Robert A. Laitch dan K. Roscoe Bavis: “Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu
dengan laporan-laporan yang diperlukan.”[1]
2.
Definisi
Kusrini: “Sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi
terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam
pengambilan keputusan.”[2]
3.
Definisi
Al-Bahra Bin Ladjamudin: “Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat
dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk
mengendalikan organisasi.”[3]
2.2 Diagram
Alir Data
Menurut Al-Bahra,
“Diagram alir data (merupakan model dari sistem untuk menggambarkan pembagian
sistem ke modul yang lebih kecil. Salah satu keuntungan menggunakan diagram
alir data adalah memudahkan pemakai atau user yang kurang menguasai bidang
komputer untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan.”[4]
Sedangkan menurut
paparan Jogiyanto, “Diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan
arus dari data sistem dikenal dengan nama diagram arus data (data flow diagram).”[5]
Definisi lainnya
disampaikan oleh Mohamad Subhan bahwa “Data Flow Diagram (DFD) adalah alat
pembuat model yang memungkinkan analis sistem untuk menggambarkan sistem
sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan
alur data, baik secara manual ataupun komputasi.”[6]
III
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
3.1 Sistem Yang
Sedang Berjalan
3.2
Sistem
Usulan
3.3
Diagram Alir
Data
IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
4.1
Struktur Tabel
Nama
tabel pada perancangan : Tabel Tkeluarga
|
||||
Nama
tabel pada database : tkeluarga
|
||||
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
no_kk
|
Text
|
19
|
Primary
key
|
2
|
kepala_keluarga
|
Text
|
25
|
|
3
|
kd_dusun
|
Text
|
5
|
Foreidn
key
|
4
|
kd_rw
|
Text
|
5
|
Foreidn
key
|
5
|
kd_rt
|
Text
|
5
|
Foreidn
key
|
Nama
tabel pada perancangan : Tabel Detail
Keluarga
|
||||
Nama
tabel pada database :
tdetail_keluarga
|
||||
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
nik
|
Text
|
19
|
Primary key
|
2
|
no_kk
|
Text
|
19
|
Foreign key
|
3
|
nama
|
Text
|
25
|
|
4
|
jekel
|
Text
|
9
|
|
5
|
tempat_lahir
|
Text
|
25
|
|
6
|
tgl_lahir
|
Date
|
-
|
|
7
|
agama
|
Text
|
30
|
|
8
|
status_pernikahan
|
Text
|
15
|
|
9
|
pendidikan
|
Text
|
35
|
|
10
|
pekerjaan
|
Text
|
25
|
|
11
|
status_di_keluarga
|
Text
|
20
|
|
12
|
nama_ayah
|
Text
|
25
|
|
13
|
nama_ibu
|
Text
|
25
|
Nama
tabel pada perancangan : Tabel Kelahiran
|
||||
Nama
tabel pada database : tlahir
|
||||
No
|
Nama
Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
kd_lahir
|
Text
|
10
|
Primary key
|
2
|
nik
|
Text
|
19
|
Foreign key
|
Nama
tabel pada perancangan : Tabel Kematian
|
||||
Nama
tabel pada database : tmati
|
||||
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
kd_mati
|
Text
|
10
|
Primary
key
|
2
|
nik
|
Text
|
19
|
Foreign
key
|
3
|
tgl_mati
|
Date
|
-
|
|
sebab_mati
|
Text
|
25
|
Nama
tabel pada perancangan : Tabel
Kepindahan
|
||||
Nama
tabel pada database : tpindah
|
||||
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
kd_lahir
|
Text
|
10
|
Primary key
|
2
|
nik
|
Text
|
19
|
Foreign key
|
3
|
tgl_pindah
|
Date
|
-
|
|
4
|
provinsi_tujuan
|
Text
|
25
|
|
5
|
kota_tujuan
|
Text
|
25
|
|
6
|
kecamatan_tujuan
|
Text
|
25
|
|
7
|
desa_tujuan
|
Text
|
25
|
|
8
|
dusun_tujuan
|
Text
|
25
|
|
9
|
rw_tujuan
|
Text
|
5
|
|
10
|
rt_tujuan
|
Text
|
5
|
Nama
tabel pada perancangan : Tabel
Kedatangan
|
||||
Nama
tabel pada database : tdatang
|
||||
No
|
Nama Field
|
Tipe
|
Ukuran
|
Keterangan
|
1
|
kd_datang
|
Text
|
10
|
Primary key
|
2
|
nik
|
Text
|
19
|
Foreign key
|
3
|
tgl_datang
|
Date
|
-
|
|
4
|
provinsi_asal
|
Text
|
25
|
|
5
|
kota_ asal
|
Text
|
25
|
|
6
|
kecamatan_ asal
|
Text
|
25
|
|
7
|
desa_ asal
|
Text
|
25
|
|
8
|
dusun_ asal
|
Text
|
25
|
|
9
|
rw_ asal
|
Text
|
5
|
|
10
|
rt_ asal
|
Text
|
5
|
4.2
Pengujian
aplikasi
4.2.1
Pengujian Input
Data penduduk
Untuk mengamankan aplikasi beberapa error handling telah dibuat, seperti:
1.
Apikasi
akan langsung mendeteksi No KK dan NIK yang sudah ada dalam database, jika
terjadi kesalahan input data maka
akan muncul peringatan atau error message.
2.
Jika
tanggal lahir melebihi tanggal sistem (komputer) maka akan muncul peringatan
sebagai berikut:
3. Jika memasukan data yang tidak
ada dalam combo box, maka akan muncul peringatan sebagai berikut:
4. Setelah semua data terinput
dengan benar, maka klik tombol (+) untuk merekap data, disini data belum
disimpan karena masih di dalam grid.
5.
Jika
ingin menambahkan data lagi maka klik lagi tombol (+), jika ingin menyimpan
data maka klik tombol Simpan. Pada pengujian ini hanya di input sat data. Saat
data berhasil disimpan maka akan ada notifikasi. Untuk kembali menginput data
klik Yes, untuk kembali ke menu utama klik No.
4.2.2
Pengujian Input
Data Laporan RW
Dalam
penginputan data laporan RW ini hanya sedikit data yang diperlukan, yaitu orang
yang menyerahkan laporan, wilayah, dan periode laporan. Nomor bukti penyerahan
dan tanggal penyerahan sudah otomatis diatur oleh aplikasi, selain itu daftar
wilayah dan periode yang ada dalam combo box juga diatur oleh aplikasi, data
pada combo box akan ikut berubah jika data pada database berubah, dan jika user memasukan data yang salah pada
combo box maka akan ada peringatan (message).
Saat
proses penyimpanan data, pengguna juga bisa langsung mencetak bukti penyerahan
laopran dengan mengklik tombol panah disamping Simpan, dan pilih Simpan &
Print.
4.2.3
Pengujian
Editing Data
Fasilitas
edit data ini digunakan untuk mengubah data jika terjadi kesalahan input ataupun ada keperluan lain yang
mengharuskan adanya pengeditan data. Sampel
yang akan digunakan adalah data kelahiran, dengan asumsi bahwa semua form
menggunakan langkah yang sama.
Untuk
mendapatkan data yang ingin diubah, user dapat menggunakan fasilitas Search yang ada di pojok kiri bawah.
Setelah itu klik kanan di data tersebut dan pilih Edit Data.
Sebelum mengedit data, terlebih
dahulu klik tombol edit agar edit box yang ada menjadi aktif. Data yang diedit
adalah nama ayah dan nama ibu, setelah data dimasukan maka klik tombol Edit.
Jika data berhasil diubah maka akan muncul notifikasi bahwa data telah berhasil
diedit.
4.2.4
Pengujian
Pencetakan Laporan
Dalam
pencetakan laporan terdapat beberapa pilihan juga, diantaranya laporan bulan
beerjalan dan laporan yang berdasarkan suatu kriteria, selain itu disediakan pula
laporan berbentuk grafik. Berikut ini adalah pengujian yang dilakukan dalam hal
pembuatan laporan.
1. Laporan
Biasa
Laporan yang akan dibuat (sebagai
sample) adalah laporan kelahiran.
Pada gambar di bawah ini akan terlihat tata cara pencetakan laporan kelahiran
pada bulan beerjalan serta hasil dari proses pencetakan laporan kelahiran
tersebut. Untuk pencetakan laporan custom, user akan diminta untuk memasukan
kriteria pencarian data, jika data ditemukan maka user akan dapat mencetak data
tersebut.
2. Laporan
Grafik
Laporan
grafik disajikan hanya untuk data kelahiran, kematian, kepindahan dan
kedatangan penduduk, dimana data yang dapat dilihat adalah data bulan berjalan
dan data custom (beberapa bulan dalam
satu tahun).
Untuk
laporan grafik bulan berjalan akan ditunjukan oleh gambar berikut ini:
Pada
gambar tersebut akan terlihat bahwa pembuatan laporan hanya membutuhkan
beberapa klik mouse. Sedangkan untuk laporan grafik custom yang ditunjukan oleh gambar berikut:
Gambar
diatas menunjukan bahwa untuk menghasilkan laporan, user harus memasukan beberapa kriteria pencarian seperti bulan dan
tahun, dan gambar di bawah ini menunjukan hasil dari pencarian tersebut.
V PENUTUP
Berdasarkan
uraian dan penjelasan yang penulis sampaikan pada pembahasan sebelumnya, maka
penulis membuat kesimpulan sebagai berikut :
1. Aplikasi
LAMPID yang dibuat bertujuan untuk menutupi/menghilangkan kendala yang ada
serta meningkatkan efektifitas kerja petugas.
2. Aplikasi
ini menggunakan sistem Log-in sehingga hanya pengguna yang sudah terdaftar saja
yang dapat menggunakan aplikasi, dengan kata lain keamanan data terjamin.
3. Dengan
adanya sistem informasi ini, maka pihak Desa/Kelurahan dapat lebih mudah
menyajikan informasi tentang data kelahiran, kematian, kepindahan dan
kedatangan penduduk yang dibutuhkan.
VI DAFTAR
PUSTAKA
Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.
Fathansyah, Ir.,
Basis Data, Bandung: Informatika, 1999.
James A. O’Brien, George M. Marakas. Introduction to Information System. New
York: McGraw-Hill, Edisi kelima belas. 2010.
Jogiyanto, Analisis
& Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi
Bisnis, Edisi ketiga. Yogyakarta, ANDI, 2005.
Michael J.
Hernandez, Database Design for Mere
Mortals™: A Hands-On Guide to Relational Database Design (2nd edition),
Boston: Addison Wesley, 2003.
Kusrini, Andri Koniyo. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual
Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi. 2007.
Mohamad Subhan, Analisis Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. 2005.
[1]
Jogiyanto, Analisis
& Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik
Aplikasi Bisnis, (Edisi ketiga; Yogyakarta: ANDI, 2005), hal. 11.
[2]
Kusrini, Andri Koniyo. Tuntunan
Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft
SQL Server, (Yogyakarta: Andi. 2007), hal. 8-9.
[3]
Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis
dan Desain Sistem Informasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005), hal. 13.
[4] Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis
dan Desain Sistem Informasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005), hal. 64.
[5] Jogiyanto, Analisis &
Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi
Bisnis, (Edisi ketiga; Yogyakarta: ANDI, 2005), hal. 700.
[6] Mohamad Subhan, Analisa
Perancangan Sistem, (Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2012), hal. 140.
sangat membantu kang. thanks Use Case dan Skenario Pembuatan KTP
ReplyDeletePost a Comment