Contoh Jurnal Skripsi Teknik Informatika

SISTEM INFORMASI LAMPID (KELAHIRAN, KEMATIAN, KEPINDAHAN DAN KEDATANGAN) DENGAN REKAPITULASI DATA PENDUDUK

Muhamad Farihin (NIM: 11060026)
e-mail: farihinmuhamad@gmail.com
Jurusan Teknik Informatika STT-YBS Internasional Tasikmalaya

ABSTRACT
village office is a goverment institute, it's bound to the civilian it self. LAMPID as one of civilian data component, the process it selft still running on a manual process, where some of obstacle may hapen on it, like searching and reporting process have to take long time to do.
Computerized information system is one of alternative sollution to handle the case. To build this LAMPID information system there is some of ways, start from system analyzing, designing new system, creating an applicationn and implementing the application itself.
On the inforation system there will be use an application that integrated with a database to make data processing integrated on the application. With implementating this application, reporting data, searching data and input data process expect to be easyer and faster.
Keyword: Inforation system, data, LAMPID, application.


I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Dari waktu ke waktu perkembangan teknologi informasi kian menunjukan perkembangan yang sangat signifikan. Indikasi perkembangan teknologi informasi ini diantaranya adalah semakin beragamnya aplikasi komputer yang digunakan baik yang bersifat stand-alone maupun client-server. Pengguna aplikasi tentu saja berharap dengan menggunakan suatu aplikasi maka pekerjaan atau keperluannya dapat terpenuhi, lebih lanjut lagi pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat. Bukan hanya mempermudah, akan tetapi sebuah aplikasi (yang berbentuk sistem informasi) dituntut untuk dapat menyediakan informasi yang reliable artinya sebuah sistem informasi harus bebar-benar dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Walaupun dunia komputer sudah berkembang cukup lama, tetapi bidang catatan kependudukan nampaknya baru akan bertransisi ke arah komputerisasi. Sebelumnya telah kita ketahui bahwa pendataan KTP sudah mulai dirancang agar terintegrasi dalam sebuah sistem komputerisasi berbasis data (database) yang disebut e-KTP. Implementasinya memang belum begitu terasa, akan tetapi hal ini merupakan sebuah langkah awal yang sangat baik dalam rangka menciptakan sebuah sistem yang terpusat.
Senada dengan usaha pemerintah diatas (pendataan e-KTP), penulis juga mempunyai pemikiran yang sama untuk membuat sebuah sistem informasi mengenai data kependudukan. Dalam hal ini, penulis lebih menyoroti tentang pengolahan data penduduk di tingkat desa/kelurahan. Lebih lanjut lagi, pendataan penduduk yang penulis maksud adalah pendataan LAMPID (Kelahiran, Kematian, Kepindahan dan Kedatangan) Penduduk. Dari hasil pengolahan data LAMPID ini, nantinya dapat dilihat perkembangan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, yang mana hal ini sangat berguna bagi pemerintah desa, salah satunya agar pemerintah desa dapat memantau sekaligus mengendalikan jumlah penduduk yang ada.
Berdasarkan uraian diatas maka penulis bermaksud mengajukan skripsi dengan judul “SISTEM INFORMASI LAMPID (KELAHIRAN, KEMATIAN, KEPINDAHAN DAN KEDATANGAN) DENGAN REKAPITULASI DATA PENDUDUK”.



1.2  Perumusan Masalah
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, terlihat bahwa proses pengolahan data yang diterapkan belum begitu optimal kendati sudah dibantu oleh apikasi komputer (word processor), dimana dalam prosesnya setiap Ketua RW memberikan laporan bulanan kepada Kabid Pemerintahan lalu Kabid Pemerintahan menuliskannya dalam sebuah buku register setelah itu barulah data LAMPID direkap dan diketik di dalam sebuah aplikasi (word processor) barulah setelah proses pengetikan selesai dokumen laporan dicetak.
Dengan sistem pengolahan data yang sedang berjalan tersebut penulis mengasumsikan ada beberapa hal yang menjadi penghambat, yaitu:
1.      Penulisan data berulang.
2.      Pencarian data yang tidak efektif.
3.      Komputasi secara manual.
4.      Pembuatan laporan terbilang lama.

1.3    Tujuan dan Manfaat    
Tujuan dari dilakukannya penelitian, perancangan, dan pembuatan aplikasi LAMPID ini adalah untuk:
1.    Memberikan sebuah solusi terhadap hambatan/masalah yang telah penulis kemukakan (dalam proses pengolahan data LAMPID).
2.    Menyusun  suatu  sistem  informasi  berbasis  komputer  yang terstruktur dan  terarah, dengan harapan dapat meningkatkan efiktifitas kerja petugas.
Dari penelitian yang telah dilakukan diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.    Bagi Kantor/Pmerintah Desa
a.    Dapat digunakan sebagai salah satu pembanding untuk pengevaluasian sistem pengolahan data yang sedang berjalan, bukan hanya pengolahan data LAMPID saja tetapi pengolahan data-data yang lain.
b.    Diharapkan dengan diterapkannya sistem informasi ini, Pemerintah Desa dapat dengan mudah memantau perkembangan jumlah penduduknya.
c.    Menambah efektifitas kinerja petugas.
2.    Bagi Penulis
a.    Sebagai media investigasi terhadap permasalahan yang akan diangkat ke dalam SKRIPSI.
b.    Mengetahui secara lebih seksama proses pengolahan data LAMPID, sehingga dapat menganalisis apa kekurangan serta kelemahannya sehingga penulis dapat merumuskan solusi yang paling baik.

1.4    Batasan Masalah
       Batasan masalah dalam skripsi ini adalah:
1.    Pengolahan data LAMPID yang dimaksud adalah pengolahan data yang mencakup data kelahiran, kematian, kepindahan, kedatangan penduduk beserta rekapitulasi jumlah penduduknya.
2.    Beberapa penambahan seperti laporan grafik dan juga laporan penyerahan data dari Ketua RW adalah pelengkap aplikasi.

1.5    Metodologi Penelitian
Dalam penyusunan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan penulis adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “Classic Life Cycle” atau lebih dikenal dengan nama model Waterfall.

II TEORI PENUNJANG
2.1    Pengertian Sistem Informasi
Ada beberapa pengertian mengenai sistem informasi, diantaranya adalah sebagai beikut:
1.    Definisi Jogiyanto yang mengutip dari Robert A. Laitch dan K. Roscoe Bavis: “Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.”[1]
2.    Definisi Kusrini: “Sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan.”[2]
3.    Definisi Al-Bahra Bin Ladjamudin: “Sekumpulan prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambil keputusan dan/atau untuk mengendalikan organisasi.”[3]

2.2    Diagram Alir Data
Menurut Al-Bahra, “Diagram alir data (merupakan model dari sistem untuk menggambarkan pembagian sistem ke modul yang lebih kecil. Salah satu keuntungan menggunakan diagram alir data adalah memudahkan pemakai atau user yang kurang menguasai bidang komputer untuk mengerti sistem yang akan dikerjakan.”[4]
Sedangkan menurut paparan Jogiyanto, “Diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem dikenal dengan nama diagram arus data (data flow diagram).”[5]
Definisi lainnya disampaikan oleh Mohamad Subhan bahwa “Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuat model yang memungkinkan analis sistem untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama lain dengan alur data, baik secara manual ataupun komputasi.”[6]


III ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
3.1 Sistem Yang Sedang Berjalan
















3.2    Sistem Usulan


















3.3    Diagram Alir Data
 















































IV IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
4.1    Struktur Tabel
Nama tabel pada perancangan : Tabel Tkeluarga
Nama tabel pada database       : tkeluarga
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
no_kk
Text
19
Primary key
2
kepala_keluarga
Text
25

3
kd_dusun
Text
5
Foreidn key
4
kd_rw
Text
5
Foreidn key
5
kd_rt
Text
5
Foreidn key

Nama tabel pada perancangan : Tabel Detail Keluarga
Nama tabel pada database                   : tdetail_keluarga
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
nik
Text
19
Primary key
2
no_kk
Text
19
Foreign key
3
nama
Text
25

4
jekel
Text
9

5
tempat_lahir
Text
25

6
tgl_lahir
Date
-

7
agama
Text
30

8
status_pernikahan
Text
15

9
pendidikan
Text
35

10
pekerjaan
Text
25

11
status_di_keluarga
Text
20

12
nama_ayah
Text
25

13
nama_ibu
Text
25


Nama tabel pada perancangan : Tabel Kelahiran
Nama tabel pada database       : tlahir
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
kd_lahir
Text
10
Primary key
2
nik
Text
19
Foreign key

Nama tabel pada perancangan : Tabel Kematian
Nama tabel pada database       : tmati
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
kd_mati
Text
10
Primary key
2
nik
Text
19
Foreign key
3
tgl_mati
Date
-


sebab_mati
Text
25



Nama tabel pada perancangan : Tabel Kepindahan
Nama tabel pada database       : tpindah
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
kd_lahir
Text
10
Primary key
2
nik
Text
19
Foreign key
3
tgl_pindah
Date
-

4
provinsi_tujuan
Text
25

5
kota_tujuan
Text
25

6
kecamatan_tujuan
Text
25

7
desa_tujuan
Text
25

8
dusun_tujuan
Text
25

9
rw_tujuan
Text
5

10
rt_tujuan
Text
5


Nama tabel pada perancangan : Tabel Kedatangan
Nama tabel pada database       : tdatang
No
Nama Field
Tipe
Ukuran
Keterangan
1
kd_datang
Text
10
Primary key
2
nik
Text
19
Foreign key
3
tgl_datang
Date
-

4
provinsi_asal
Text
25

5
kota_ asal
Text
25

6
kecamatan_ asal
Text
25

7
desa_ asal
Text
25

8
dusun_ asal
Text
25

9
rw_ asal
Text
5

10
rt_ asal
Text
5


4.2    Pengujian aplikasi
4.2.1   Pengujian Input Data penduduk
Untuk  mengamankan aplikasi beberapa error handling telah dibuat, seperti:
1.    Apikasi akan langsung mendeteksi No KK dan NIK yang sudah ada dalam database, jika terjadi kesalahan input data maka akan muncul peringatan atau error message.
 






2.      Jika tanggal lahir melebihi tanggal sistem (komputer) maka akan muncul peringatan sebagai berikut:
 










3.      Jika memasukan data yang tidak ada dalam combo box, maka akan muncul peringatan sebagai berikut:
4.      Setelah semua data terinput dengan benar, maka klik tombol (+) untuk merekap data, disini data belum disimpan karena masih di dalam grid.
 













5.      Jika ingin menambahkan data lagi maka klik lagi tombol (+), jika ingin menyimpan data maka klik tombol Simpan. Pada pengujian ini hanya di input sat data. Saat data berhasil disimpan maka akan ada notifikasi. Untuk kembali menginput data klik Yes, untuk kembali ke menu utama klik No.

4.2.2   Pengujian Input Data Laporan RW
Dalam penginputan data laporan RW ini hanya sedikit data yang diperlukan, yaitu orang yang menyerahkan laporan, wilayah, dan periode laporan. Nomor bukti penyerahan dan tanggal penyerahan sudah otomatis diatur oleh aplikasi, selain itu daftar wilayah dan periode yang ada dalam combo box juga diatur oleh aplikasi, data pada combo box akan ikut berubah jika data pada database berubah, dan  jika user memasukan data yang salah pada combo box maka akan ada peringatan (message).
Saat proses penyimpanan data, pengguna juga bisa langsung mencetak bukti penyerahan laopran dengan mengklik tombol panah disamping Simpan, dan pilih Simpan & Print.
 




























 





















4.2.3   Pengujian Editing Data
Fasilitas edit data ini digunakan untuk mengubah data jika terjadi kesalahan input ataupun ada keperluan lain yang mengharuskan adanya pengeditan data. Sampel yang akan digunakan adalah data kelahiran, dengan asumsi bahwa semua form menggunakan langkah yang sama.
Untuk mendapatkan data yang ingin diubah, user dapat menggunakan fasilitas Search yang ada di pojok kiri bawah. Setelah itu klik kanan di data tersebut dan pilih Edit Data.
Sebelum mengedit data, terlebih dahulu klik tombol edit agar edit box yang ada menjadi aktif. Data yang diedit adalah nama ayah dan nama ibu, setelah data dimasukan maka klik tombol Edit. Jika data berhasil diubah maka akan muncul notifikasi bahwa data telah berhasil diedit.



 















4.2.4   Pengujian Pencetakan Laporan
Dalam pencetakan laporan terdapat beberapa pilihan juga, diantaranya laporan bulan beerjalan dan laporan yang berdasarkan suatu kriteria, selain itu disediakan pula laporan berbentuk grafik. Berikut ini adalah pengujian yang dilakukan dalam hal pembuatan laporan.
1.    Laporan Biasa
Laporan yang akan dibuat (sebagai sample) adalah laporan kelahiran. Pada gambar di bawah ini akan terlihat tata cara pencetakan laporan kelahiran pada bulan beerjalan serta hasil dari proses pencetakan laporan kelahiran tersebut. Untuk pencetakan laporan custom, user akan diminta untuk memasukan kriteria pencarian data, jika data ditemukan maka user akan dapat mencetak data tersebut.
2.    Laporan Grafik
Laporan grafik disajikan hanya untuk data kelahiran, kematian, kepindahan dan kedatangan penduduk, dimana data yang dapat dilihat adalah data bulan berjalan dan data custom (beberapa bulan dalam satu tahun).
Untuk laporan grafik bulan berjalan akan ditunjukan oleh gambar berikut ini:
 





















Pada gambar tersebut akan terlihat bahwa pembuatan laporan hanya membutuhkan beberapa klik mouse. Sedangkan untuk laporan grafik custom yang ditunjukan oleh gambar berikut:

 















Gambar diatas menunjukan bahwa untuk menghasilkan laporan, user harus memasukan beberapa kriteria pencarian seperti bulan dan tahun, dan gambar di bawah ini menunjukan hasil dari pencarian tersebut.

 







V PENUTUP
Berdasarkan uraian dan penjelasan yang penulis sampaikan pada pembahasan sebelumnya, maka penulis membuat kesimpulan sebagai berikut :
1.    Aplikasi LAMPID yang dibuat bertujuan untuk menutupi/menghilangkan kendala yang ada serta meningkatkan efektifitas kerja petugas.
2.    Aplikasi ini menggunakan sistem Log-in sehingga hanya pengguna yang sudah terdaftar saja yang dapat menggunakan aplikasi, dengan kata lain keamanan data terjamin.
3.    Dengan adanya sistem informasi ini, maka pihak Desa/Kelurahan dapat lebih mudah menyajikan informasi tentang data kelahiran, kematian, kepindahan dan kedatangan penduduk yang dibutuhkan.

VI DAFTAR PUSTAKA
Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2005.
Fathansyah, Ir., Basis Data, Bandung: Informatika, 1999.
James A. O’Brien, George M. Marakas. Introduction to Information System. New York: McGraw-Hill, Edisi kelima belas. 2010.
Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Edisi ketiga. Yogyakarta, ANDI, 2005.
Michael J. Hernandez, Database Design for Mere Mortals™: A Hands-On Guide to Relational Database Design (2nd edition), Boston: Addison Wesley, 2003.
Kusrini, Andri Koniyo. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi. 2007.
Mohamad Subhan, Analisis Perancangan Sistem. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia. 2005.





[1] Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, (Edisi ketiga; Yogyakarta: ANDI, 2005), hal. 11.
[2] Kusrini, Andri Koniyo. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server, (Yogyakarta: Andi. 2007), hal. 8-9.
[3] Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005), hal. 13.
[4] Al-Bahra Bin Ladjamudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005), hal. 64.
[5] Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur, Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, (Edisi ketiga; Yogyakarta: ANDI, 2005), hal. 700.
[6] Mohamad Subhan, Analisa Perancangan Sistem, (Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia, 2012), hal. 140.

1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post