Bekerja Dengan Banyak Form di Lazarus FPC

Farihin Muhamad
1
Bagi para pemula pengguna Lazarus tentu akan sangat kebingungan tatkala ingin menghubungkan beberapa form dalam projek yang sedang dikerjakan.

Penyelesaiannya sederhana saja, agar 2 form atau lebih pada projek Lazarus FPC kita dapat terhubung, yang perlu kita cantumkan adalah nama unit yang ingin kita hubungkan di bawah Implementation (dengan terlebih dulu kita membuat sebuah Uses). Implementation dan Uses ini terletak di Source Editor.

Contohnya seperti ini: Saya mempunyai 2 form, yaitu form Menu (dengan nama unit: umenu) dan form Log In (dengan nama unit: ulogin).

Form utama atau form yang akan muncul pertama kali adalah Form Menu. Dalam Form Menu ini saya simpan 1 buah tombol untuk memunculkan form Log In. Jika dalam Delphi kita hanya tinggal menuliskan: flogin.show (pada tombol/button) maka dalam Lazarus kita harus menyertakan terlebih dahulu unit dari Form Login di unit Menu. Bentuk penulisannya seperti ini:

Setelah anda menuliskan Uses ----- Nama unit yang ingin anda integrasikan/munculkan maka, ketika anda menulis flogin.show tidak akan lagi terjadi error.
Tags:

Post a Comment

1Comments

Post a Comment