Cara Membuat Pilihan Ganda Yang Sama (Copy Paste Jawaban) di Google Form

Farihin Muhamad
0

Google form merupakan salah satu platform penyedia survei atau quiz online yang sekarang ini banyak digunakan, walaupun sebenarnya bukan hanya google yang menawarkan fasilitas ini ada SurveyMonkey dan Microsoft Form yang juga menawarkan (kurang lebih) fasilitas yang sama akan tetapi mungkin karena kebanyakan orang sekarang ini lebih familiar dengan google maka aplikasi google lah yang banyak digunakan.

Nah bagi kamu yang baru saja menggunakan aplikasi/fitur google ini mungkin akan menghadapi sebuah permasalahan saat membuat survei yang menggunankan jawaban berulang (pilihan jawaban sama pada setiap pertanyaa/pernyataannya) karena di google form tidak disediakan fasillitas untuk menduplikasi (copy-paste) jawaban. Dalam postingan kali ini saya akan menjelaskan 2 trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini.

TRIK 1
- Gunakan fasilitas Duplicate Question, tapi sebelumnya kamu harus menyelesaikan satu pertanyaan lengkap dengan semua jawabannya.
- Setelah membuat sebuah pertanyaan berikut jawabannya, klik pada icon Duplicate. Ini akan membuat google form menduplikasi pertanyaan sekaligus jawabannya. Jadi yang perlu kita lakukan hanya mengganti pertanyaannya saja.

TRIK 2
- Gunakan copy-paste jawaban dari word atau teks editor lainnya. Cara ini mungkin lebih panjang dari cara diatas namun pasti berfungsi, dan sebenarnya cara ini lebih cocok untuk digunakan pada pertanyaan yang jawabannya berbeda. 
- Alangkah baiknya kamu sudah mempersiapkan pertanyaan dan juga jawabannya, sehingga kamu hanya perlu melakukan copy-paste pada google form.
- Catatannya adalah pastikan pilihan ganda berada pada baris yang berbeda, contoh jika ada 4 jawaban maka jawabannya harus ditulis dalam empat baris, contohnya sebagai berikut:
- Gunakan multiple choice sebagai metode penjawaban.


Sekian postingan kali ini, semoga membantu. 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)