Download Materi Cara Konfigurasi/Pengaturan Messaging-Chat Server dengan Openfire, Spark, MySQL di Ubuntu 20.04

Pada pertemuan kali ini kita akan melakukan pengaturan Messaging/Chat server di Ubuntu 20.04 dengan bantuan dari Openfire, Spark, Java dan MySQL. Chat Server ini akan memberikan layanan perpesanan secara real-time pada komputer client, dimana Openfire akan bertindak sebagai aplikasi di sisi server dan Spark sebagai aplikasi di sisi client, Java berperan sebagai eksekutor bahasa pemrograman dan compiler untuk Openfire dan juga Spark, dan MySQL berperan sebagai tempat menyimpan database. Baiklah, sekarang mari kita lakukan pengaturannya.

UNTUK LINK DOWNLOAD VERSI PDF YANG SUDAH DISERTAI GAMBAR SILAHKAN SCROLL SAMPAI KE AKHIR POSTINGAN INI.

1.  Pertama-tama kita download terlebih dahulu Openfire dan Spark di website officialnya (igniterealtime.org/downloads). Untuk Openfirenya silahkan download versi Debian, dan untuk Sparknya silahkan download untuk versi windows yang sudah dilengkapi dengan JAVA JRE (Offline installation, includes Java JRE).

 

2.  Setelah kedua software diatas selesai didownload, silahkan pindahkan file Openfire (openfire_4.6.0_all.deb) ke direktory Documents pada Ubuntu, silahkan gunakan FTP Server atau gunakan flash drive.

 

3.  Sekarang kita mulai lakukan pengaturan di Ubuntu, jadi silahkan buka Terminal lalu seperti biasa kita akan masuk sebagai super user.

hackrative@hackrative-vm:~$ sudo su

 

4.  Karena kita perlu melakukan update sistem terlebih dahulu maka sekarang kita  atur agar komputer terkoneksi ke internet, maka silahkan atur IP Ubuntu kita menjadi DHCP.

root@hackrative-vm:/# nano /etc/netplan/01-network-manager-all.yaml

# Let NetworkManager manage all devices on this system

network:

  version: 2

  renderer: NetworkManager

  ethernets:

    ens33:

#      addresses: [192.168.1.1/24]

#      gateway4: 192.168.1.1

#      nameservers:

#        search: [hackrative.org, mail.hackrative.org]

#        addresses: [192.168.1.1, 192.168.1.2]

       dhcp4: true

#    ens38:

#      addresses: [192.168.1.2/24]

 

root@hackrative-vm:/# netplan try

root@hackrative-vm:/# netplan apply

 

5.  Setelah terkoneksi ke internet barulah lakukan pengecekan update.

root@hackrative-vm:/# apt-get update

 

6.  Setelah update sistem selesai sekarang kita lakukan penginstallan software yang dibutuhkan, MySQL sudah kita installkan sebelumnya pada materi instalasi Wordpress jadi kali ini tidak akan diintallkan lagi, jadi yang kita installkan sekarang cukuplah Java saja.

Namun jika kalian belum melakukan instalasi MySQL silahkan lakukan instalasinya dengan mengetikan (apt-get install mysql-server).

root@hackrative-vm:/# apt-get install default-jre

 

7.  Setelah keperluan instalasi kita selesai, jangan lupa untuk mengatur IP kembali ke STATIC.

root@hackrative-vm:/# nano /etc/netplan/01-network-manager-all.yaml

# Let NetworkManager manage all devices on this system

network:

  version: 2

  renderer: NetworkManager

  ethernets:

    ens33:

      addresses: [192.168.1.1/24]

      gateway4: 192.168.1.1

      nameservers:

        search: [hackrative.org, mail.hackrative.org]

        addresses: [192.168.1.1, 192.168.1.2]

#       dhcp4: true

    ens38:

      addresses: [192.168.1.2/24]

 

root@hackrative-vm:/# netplan try

root@hackrative-vm:/# netplan apply

8.  Lalu kita akan buat database untuk Openfire pada MySQL. Didalam mysql kita ketikan perintah dibawah ini:

root@hackrative-vm:/# mysql –uroot -p

Enter password:

Welcome to the MySQL monitor.  Commands end with ; or \g.

Your MySQL connection id is 8

Server version: 8.0.22-0ubuntu0.20.04.2 (Ubuntu)

 

Copyright (c) 2000, 2020, Oracle and/or its affiliates. All rights reserved.

 

Oracle is a registered trademark of Oracle Corporation and/or its

affiliates. Other names may be trademarks of their respective

owners.

 

Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the current input statement.

 

mysql> create database openfiredb;

Query OK, 1 row affected (2.04 sec)

 

mysql> quit

Bye

 

9.  Barulah sekarang kita lakukan instalasi paket Openfire dari terminal. Ingat posisi file openfire_4.6.0_all.deb ada direktori Documents.

root@hackrative-vm:/# dpkg -i Documents/openfire_4.6.0_all.deb

 

10. Sekarang lakukan restart pada service Openfire.

root@hackrative-vm:/# service openfire restart

 

11. Untuk menyelesaikan proses instalasi kita akan melanjutkannya melalui web browser, kalin boleh gunakan web browser yang ada di Ubuntu ataupun yang ada di Windows asalkan terkoneksi ke server ubuntu kita.

Ketikan namadomaian.org:8080 atau ipaddress:9090 pada address bar internet browser(contoh: hackrative.org:9090 atau 192.168.1.1:9090), maka seharusnya tampilan Openfire berikut ini akan muncul, lalu klik tombol Continue:

 

 

12. Masukan nama domain kalian pada XMPP Domain Name dan Server Host Name (FQDN), contoh yang dimasukan pada pengaturan ini adalah hackrative.org (sisa pengaturannya samakan dengan tampilan dibawah ini), dan jika sudah silahkan klik pada tombol Continue:

 

13. Selanjutnya kalian hanya perlu memilih Standard Database Connection, lalu klik tombol Continue.

 

14.         Selanjutnya kita akan diminta untuk menentukan database apa yang kita gunakan, silahkan atur value Database Driver Presets menjadi MySQL, value pada Database URL kata HOSTNAME diubah menjadi localhost dan DATABASENAME diubah menjadi openfiredb, isi Username dengan root dan password dengan password MySQL kalian pada contoh ini adalah Lp3itasik_01 (sehingga sama dengan tampilan dibawah ini), jika sudah silahkan klik tombol Continue:

 

 

Openfire akan memeriksa koneksi ke database di MySQL kita, jika tidak ada kesalahan maka tampilan pada poin selanjutnya akan terlihat, jika ada kesalahan silahkan periksa kembali pengaturan kalin.

 

15. Pada Profile Settings ini cukup klik pada pilihan Default.

 

16. Sekarang kita akan melakukan pengaturan untuk akun administrator openfire kita, silahkan masukan alamat email kalian yang aktif (contoh disini adalah kirimtgs@gmail.com), setelah itu masukan password untuk login akun administrator kita ini (contoh disini adalah Lp3i_01), dan walaupun tidak diperlihatkan untuk usernamenya adalah admin. Jika sudah silahkan klik tombol Continue.

 

17. Jika tidak ada kendala apapun seharusnya tampilan Setup Complete akan muncul. Silahkan klik pada tombol Login to the admin console untuk masuk ke halaman login admin.

 

18. Pada tampilan login admin silahkan masukan username dan password yang sudah dijelaskan pada poin ke 16 diatas.


 

19. Jika berhasil log in maka tampilan berikut ini akan muncul, ini adalah dashboard openfire kita dimana kita melakukan berbagai pengaturan:

 

20. Sekarang kita akan membuat 2 user yang akan kita gunakan untuk melakukan uji coba, nantinya kalian bisa menambahkan user untuk masing-masing orang yang akan diberikan akses ke chat server ini. Untuk menambahkan user silahkan klik pada menu User/Groups, lalu klik Create New User.

User pertama adalah hackrative01 dengan password Lp3i_01 dan user kedua adalah hackrative02 dengan password Lp3i_02

 

 

21. Sekarang kita lakukan instalasi Spark di Windows, tidak ada sesuatu yang khusus jadi install saja degan mengklik tombol Next hingga Finish.

 

22. Setelah instalasi Spark selesai sekarang buka aplikasinya (atau jika kalian menceklis pilihan Run Spark sebelum menekan tombol Finish maka Spark akan otomatis terbuka), lalu kita akan berikan sedikit konfigurasi seperti ini:

Masukan username, password, dan domain kalian, lalu klik pada Advanced. Pada jendela Advanced Spark klik pada tab Certificates lalu ceklis pada Accept self-signed, Accept Expired, Accept not valid yet, Accept revoked, setelah itu klik tombol Ok, lalu klik Log In pada tampilan awal Spark.

 

 

Jika sudah benar maka setelah kalian mengklik Log In maka akan muncul tampilan Windows Security Allert/Windows Firewall maka klik pada tombol Allow Access.


 

Sekarang kita akan melihat tampilan berikut ini yang artinya kita sudah berhasil login kedalam aplikasi Spark. Untuk memulai melakukan chatting silahkan login menggunakan user kedua kalian di komputer yang berbeda dan pastikan IP addressnya satu kelas dengan IP Ubuntu kalian (jangan lupa melakukan pengaturan Sparks seperti langkah sebelumnya).

Setelah Sparks terinstall di komputer kedua dan bisa login, sekarang kita akan mulai berkirim pesan/chat, caranya pada aplikasi Sparks dikomputer pertama klik pada menu Contacts lalu pilih Add contact, lalu isikan username kedua kalian pada jendela Add contact lalu klik tombol Add.

 

 

Lalu pada Sparks komputer kedua kita akan melihat jendela Subcription Request muncul maka klik pada tombol Accept, setelah itu maka jendela Subcription Request juga akan tampil di Sparks komputer pertama jadi klik juga tombol Accept.

23. Sekarang untuk memulai chat double klik pada list user di tampilan utama Spark, lalu ketiklah pesan yang ingin anda kirim.

 

Dengan demikian maka selesai sudah konfigurasi kita dalam membangun Messaging/Chat server di Ubuntu 20.04.

Untuk mendownload materinya yang sudah disertai dengan gambar silahkan kunjungi LINK INI.

Password: chat.farihinmuhamad

Post a Comment

Previous Post Next Post