6 Tips Cara Memotret Sunset Untuk Hasil Maksimal

Halo semua, apakah ada diantara kalian yang dalam waktu dekat akan memotret sunset? atau kalian punya keinginan memotret sunset tapi belum tau tips dan triknya? well, kalian datang ke postingan yang tepat karena kali ini saya akan share 10 Tips Cara Memotret Sunset (Foto Matahari Terbenam) agar mendapatkan hasil yang terbaik, tanpa banyak kata lagi mari kita bahas tipsnya.

1. Pantau Cuaca

Sunset adalah sebuah peristiwa atau fenomena alam yang sangat tergantung dari cuaca, secara umum pada musim hujan kita akan sulit menemukan sunset yang bagus karena matahari akan lebih sering tertutup oleh awan mendung, jadi kesempatan kita mendapatkan suasana sunset yang sempurna ada pada musim kemarau. Namun dengan cuaca akhir-akhir ini yang sering tidak menentu, ada baiknya kalian sering-sering memantau prakiraan cuaca di tempat kalian akan memotret, agar kalian tidak mendapati kendala.

2. Datang Ke Lokasi Lebih Awal

Pasti banyak diantara kalian yang fokusnya adalah pada hal teknis seperti pengaturan kamera, tapi jangan salah kawan-kawan selain hal teknis masih banyak hal lain yang harus kita pertimbangkan untuk mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Persiapan adalah kunci dari keberhasilan, dan setiap keberhasilan memerlukan persiapan, dan setiap persiapan memerlukan waktu, nah jadi datang ke lokasi lebih awal akan memberikan kita cukup waktu untuk membuat persiapan pemotretan.

3. Atur Kamera 

Nah sekarang baru kita berbicara masalah teknis, logikanya jika kalian sudah memahami segitiga eksposur maka kalian akan dengan mudah mengatur kamera kalian untuk kondisi apapun. Nah untuk kebutuhan memotret sunset ini saya lebih suka dengan pengaturan berikut:

  • Tipe file: RAW
  • ISO: 400-800
  • Shutterspeed: 1/10
  • Apperture: F8

4. Tripod

Dengan menggunakan pengaturan yang kita baca pada poin nomor 3 sangat tidak efektif sekali jika kita menggunakan kamera secara handheld, jadi alangkah baiknya jika kita menggunakan tripod untuk membantu kita menjaga kestabilan posisi dari kamera, atau jika tidak memiliki tripod setidaknya posisikan kamera di tempat yang stabil dan tidak bergerak dan tentunya pas untuk mendapatkan sceenery yang kita inginkan namun saya rasa jika menggunakan tripod akan jauh lebih fleksibel dan lebih memudahkan kita.

5. Filter

Step no 5 ini sebetulnya opsional, namin jika teman-teman sudah mengetahui jenis dan kegunaan berbagai macam jenis filter maka teman-teman tidak akan bingung lagi untuk penggunaan filter ini. Pada dasarnya beberapa filter yang digunakan untuk memotret sunset ini dapat dikatakan sebagai "visual effect" untuk memberikan kontras gambar di area tertentu atau menguatkan warna tertentu.

6. Edit Foto

Percaya atau tidak, tapi lebih dari 90% foto yang kalian lihat di media sosial telah melalui proses edit bahkan jika tidak diedit menggunakan software seperti photoshop/lightroom maka foto tersebut sudah diedit oleh kamera/hp terlebih dahulu. Jadi melakukan editing pada foto itu sebetulnya cukup diperlukan semata-mata untuk membuat hasil menjadi lebih baik.

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post