Tips Agar Komputer Kebal Terhadap Serangan Virus

Sebetulnya ini merupakan langkah-langkah awal penyetingan Sistem Operasi yang saya lakukan tatkala baru menginstal ulang laptop atau komputer (yang mana merupakan pengalaman waktu menjadi asisten laborarturium komputer :-D).

OK lah langsung saja, ini adalah beberapa hal yang selalu saya lakukan:

1. Mematikan fitur AUTO PLAY
Nah pastinya banyak sekali diantara rekan-rekan yang selalu lupa untuk mendisable fitur windows yang satu ini. Pada dasarnya fitur ini cukup membantu kita tatkala kita menghubungkan drive baru (semisal flash drive atau cd drive), akan tetapi belakangan fitur ini justru menjadi salah satu cara dari menyebarnya virus.

2. Install anti virus
Mungkin sudah lumrah orang menggunakan anti-virus dari mulai yang gratisan sampai yang berbayar (dengan crack :-D), akan tetapi hemat saya mengatakan bahwa selama anda masih menggunakan software-software yang berbau "CRACK" maka jangan harap penggunaan anti-virus ini efektif, toh sebagian crack yang beredar di internet sana kebanyakan memang file yang sudah di inject yang kalau anda menyadari sebenarnya itu adalah virus yang anda takutkan, jadi dalam stage ini penggunaan anti-virus tidak berguna.

3. Install software SYSTEM PROTECTION
Anda tau deep freez? Nah itu adalah salah satu software system protection yang cara kerjanya adalah mengunci drive system pada saat komputer hidup, segala perubahan pengaturan sistem tidak akan terseimpan (setelah komputer mati/direstart maka keadaan file system akan kembali seperti pengaturan awal). Cara ini terkadang sangat ampuh, akan tetapi terkadang juga useless :-D. Karena sebagus apapun software ternyata masih ada saja yang lebih bagus (dalam hal ini virus yang lebih bagus).

4. Nyalakan Selalu Windows Firewall
Komputer sering terkoneksi ke internet? Jika jawabannya ya, pastikan Windows Firewall anda tetap dalam keadaan aktif. Kenapa? Karena windows firewall adalah benteng yang akan menghalangi berbagai macam malware atau program sejenisnya yang mencoba mengakses komputer anda.

Post a Comment

Previous Post Next Post