USB Type C vs Micro USB

Farihin Muhamad
0

Belakangan ini orang-orang banyak yang membandingkan smartphone dengan soket USB type C dan Micro USB, banyak yang mengklaim bahwa USB Type C lebih baik ketimbang Micro USB, benarkah klaim tersebut? mari kita bahas sekarang.

Pada dasarnya Micro USB adalah USB 2.0 versi micro (kecil) jadi kemampuannya juga sebelas dua belas dengan USB 2.0, sedangkan USB Type C merupakan perwujudan dari USB 3.0/1 yang juga versi kecilnya. Secara teori tentu saja USB 3.0 lebih baik dari USB 2.0 sehinggal hal serupa juga berlaku untuk USB Type C dan Micro USB.

Kelebihan USB Type C:
- Interface/bentuk dari usb ini sama antara bagian atas dan bawahnya, jadi kamu tidak perlu bingung/susah lagi saat akan mencolokan ke hp, karena sering terjadi kesalahan pemasangan yang mengakibatkan soket rusak pada Micro USB.
- Power output yang dihasilkan mampu mencapai 20 volts (100 watts), sehingga Charging Speed-nya tentu lebih cepat. 
- Transfer datanya mampu mecapai rate 10Gbps.

Lalu kenapa sekarang masih banyak yang menggunakan Micro USB?
- Harga kabel dengan Micro USB lebih murah dibandingkan dengan USB Type C, begitupun dengan soketnya, jadi untuk menekan budget produksi pasti Micro USB masih menjadi pilihan.
- Belum ada standarisari USB Type C sehingga masih banyak pabrikan yang masih ragu untuk mengusung teknologi ini.
- Penyedia aksesori pihak ke tiga pun masih belum banyak memproduksi USB Type C ini karena berkaitan dengan standarisasi tadi.

Semoga saya selalu diberi kesehatan dan keistiqomah-an sehingga dapat menulis artikel-artikel lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga tulisan ini bermanfaat.
Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)