Beli Komputer (PC) atau Beli Laptop

Farihin Muhamad
0

Komputer PC dan laptop, keduanya pasti memiliki penggemarnya masing-masing, ada yang lebih memilih PC dan tetntu saja ada yang lebih memilih Laptop, masing-masing punya alasannya tersendiri. Nah buat kamu yang sedang bingung dan sedang mencari referensi untuk beli PC atau laptop semoga tulisan ini dapat membantu.

Dahulu kala saat saya masih sangat awam dengan dunia perkomputeran saya memutuskan untuk membeli seperangkat PC Desktop rakitan yang harganya saya lupa berapa juta, yang jelas saat itu tahun 2009/2010. Spesifikasinya saat itu masih bisa dibilang lumayan, processornya dual core ram 1GB, HDD 80GB, monitor tabung, dan sampai saat ini komputer itu masih bisa dipakai dan yang rusak hanya monitor, mouse, keyboard. Tidak terbayang jika saat itu saya memutuskan untuk membeli laptop, mungkin saat itu sudah tidak ada barangnya, memngingat laptop lenovo saya yang pertama masa pakainya kurang lebih hanya 3 tahun saja (saya beli sekitar tahun 2011), kesininya laptop itu butuh perjuangan untuk hanya sekedar memutar video youtube.

Itu sekelumit cerita saya tentang komputer dan laptop, mungkin kamu punya pengalaman yang berbeda atau mungkin sama, namun itu semua tidak membuat saya menyarankan kamu untuk membeli yang mana, semua ada porsinya, semua ada kelebihannnya dan tentunya semua ada kekurangannya, dan yang lebih jelas semua ada resikonya masing-masing.

Berituk ini saya tuliskan beberapa alasan yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih salah satu perangkat yang akan kamu beli.

Alasan untuk beli PC:
- Durability (ketahanan) dari PC lebih baik dari Laptop.
- Sparepart nya mudah dicari, sehingga jika ada komponen yang rusak lebih mudah menggantinya.
- Membongkar PC lebih mudah jika dibandingkan dengan membongkar Laptop, jadi dalam perbaikan akan lebih mudah memperbaiki PC daripada Laptop.
- Jika kamu bisa merakit sendiri, kamu bahkan bisa membuat/menentukan spesifikasi PC kamu sendiri.
- Troubleshooting di PC relatif lebih mudah dideteksi dan ditangani, berbeda dengan laptop yang masing-masing pabrikan punya standarnya masing-masing.

Alasan untuk beli Laptop:
- Portabilitasnya tinggi, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.
- Lebih praktis dan lebih minimalis ketimbang PC, kamu tidak memerlukan space besar atau tempat khusus untuk menggunakan Laptop.
- Lebih hemat energi/konsumsi listrik yang rendah.
- Paket lengkap, di dalam laptop kamu sudah bisa menggunakan wifi, bluetooth, touch pad, webcam, card reader, speaker & mick yang rata-rata tidak ada pada pc (perlu komponen tambahan).
- Tidak perlu takut mati lampu, batrai laptop yang chargable mampu menghidupi laptop minimal 3 jam (bisa kurang bisa lebih tergantung spesifikasi pabrikan).
- Lebih banyak pilihan, jika kamu datang ke toko komputer pasti kamu akan lebih banyak disuguhi katalog Laptop dari pada PC, jadi kamu bisa membandingkan lebih banyak barang dan merek.

Semoga saya selalu diberi kesehatan dan keistiqomah-an sehingga dapat menulis artikel-artikel lainnya. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)