Cara Menghidupkan dan Mematikan Windows Script Host

Farihin Muhamad
6

Baru saja saya menggunakan software yang membutuhkan Windows Script Host. Kebetulan komputer baru saja diinstall ulang dan biasanya software ini tidak memerlukan WSH saat diinstalkan (tidak memunculkan error Windows Script Host disabled, contact your administrator for details), dan entah mengapa settingan awal WSH disable. Apa boleh buat karena baru pertama menghadapi hal ini saya mencoba mencari penerangan dari puh google, dan akhirnya ada hasilnya,

Untuk menghidupkan/mematikan (enable/disable) Windows Script Host kita membutuhkan bantuan REGEDIT. Cara membuka regedit: Pada Win 7 sampai 10 anda bisa gunakan tombol star lalu pada kolom/kotak search ketikan regedit, maka akan muncul Regedit.exe setelah itu silahkan klik Regedit.exe tersebut. Jika tidak ada setelah dicari melalui Star, coba bunakan RUN (tekan tombol window dan R) lalu ketikan regedit.

Tampilan regedit berupa Tree View jadi anda tinggal mendouble klik menu-menu yang ada. Pada tampilan Regedit yang sudah terbuka silahkan anda menuju ke lokasi ini HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings. Akan ada beberpa daftar registry key yang muncul, silahkan double klik pada Enabled, lalu ubah value key tersebut (0 untuk disable/mati, dan 1 untuk enable/hidup), setelah itu klik tombol Ok lalu tutup tampilan regedit.


Referensi:
http://www.thewindowsclub.com/windows-script-host-access-is-disabled-on-this-machine
https://technet.microsoft.com/en-us/library/ee198684.aspx
Tags:

Post a Comment

6Comments

  1. kalo gak ada tulisan Enabled nya gimana sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika menggunakan Windows 8 - 10 coba cari di HKEY_CURRENT_USER, jika masih tidak ada coba ikuti langkah yang ada disini:
      http://www.thewindowsclub.com/fixwin-for-windows-10

      Delete
  2. ya gan. laptop ane windows 8.1 pro 64bit. jga gak ada enabled nya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
Post a Comment