Cara Install Windows di Acer Aspire One 14 Z1401

Farihin Muhamad
29
Beberapa hari kebelakang saya mendapatkan sebuah permintaan untuk membantu menginstall ulang sebuah laptop (tepatnya laptop Acer Aspire One 14 Z1401) karena sudah terbiasa menginstall saya pun menyanggupinya tanpa menyadari kesulitan yang akan saya hadapi :-D

Pertanyaan pun muncul ketika mulai menginsatal laptop dengan Windows 7 32bit ada kendala saat pemilihan partisi, partisi sebelumnya yang digunakan sebagai system ternyata tidak bisa dijadikan sebagai partisi system Windows 7 yang akan di install (OS Sebelumnya adalah Windows 8), hal ini terjadi karena sebelumnya si pemilik laptop mendelete partisi systemnya saat akan melakukan install ulang sendiri. Saya coba menyelesaikannya dengan menggunakan HIREN, dengan tools andalan saya ini (walau sudah jadul :-D) saya delet partisi system sebelumnya lalu saya update MBR, saya lakukan kembali proses install ulang dan akhirnya sekarang partisi dapat digunakan dan proses instalasi berlanjut.

Pertanyaan selanjutnya pun muncul setelah proses copy-ing file dari cd selesai dan komputer restart, yang terjadi adalah laptop freezing hang macet atau apalah namanya pada bagian Starting Windows. Saya tunggu selama 30 menit ternyata tidak ada perubahan, tampilan masih sama bacckground hitam dengan logo windows dan tulisan starting windows. Dan setelah 1 jam saya menunggu dan tidak ada perubahan/kemajuan saya memutuskan untuk mengganti dengan OS yg lain (saya asumsikan setelah melihat bios sebelum istall ulang pertama saya, OS pertamanya adalah Windows 8 64bit) saya pun coba gunakan Windows 7 64 bit dan hasilnya pun sama saja proses instalasi stuck setelah proses copying file selesai. Kejadian itu berlanjut dengan hasil yang sama dengan percobaan menggunakan windows 8 32bit dan 64bit dan bahkan windows 8.1 64bit.

Solusi terakhir pun muncul berkat ber-googling ria, kasus seperti ini memang banyak terjadi dan solusi yang diberikan google pun sangat banyak dan beberapa yang saya coba sama sekali tidak berhasil. Dan akhirnya saya memutuskan jika solusi terakhir yang saya tempuh ini tidak berhasil maka saya akan menyarankan pada yang empunya laptop agar membawa laptopnya ke tukang service saja, tapi syukur alhamdulillah solusi ini berhasil

Solusinya adalah saya membuat sebuah bootable flashdrive menggunakan software RUFUS, OS yang saya gunakan adalah Windows 8.1 64bit. Munkin kesimpulan yang dapat saya tarik disini adalah penyebab dari susahnya proses penginstalan disebabkan oleh media yang harus digunakan (dalam hal ini flashdrive atau dvd-room) yang mana ada pilihan UEFI atau CSM (yang kedua pilihan ini saya belum begitu begitu mengerti).

Anda dapat membaca tuntunan pembuatan bootable flashdrive nya di link ini.
Tags:

Post a Comment

29Comments

  1. Saya mengalami hal serupa gan.. solusi untuk mengunakan hiren nya gmna.. tolong di perjelas.. pertama laptop ane pakek windows 8.1 tpi lelet banget trus mau ane instal windows 7 kok malah gk bsa buat partisi baru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh panjang juga kalo ngejelasin hiren mas :-)
      Silahkan boot dari CD Hirent, pilih Partition manager, Pilih salah satu aplikasi yg ada (saya pake PARAGON). Setelah masuk paragon di menu yg aktif silahkan cari update MBR.

      Delete
  2. Masuk Bios Ubah support os windows 8.1 64x menjadi other. beres, lancar jaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan!!! Bermanfaat...

      Delete
    2. Sip, terima kasih masukannya mas..

      Delete
    3. Ubah supportnya di mana ya mas saya cariin ga ada mas

      Delete
    4. Ubah supportnya di mana ya mas saya cariin ga ada mas

      Delete
    5. kalo dual boot gimana bang....laptop saya acer Z1401,sebelumnya windows 8,1.saya ganti ke windows 10 alhasil sukses,,,,tapi kalo dibuat dual boot gimana ya gan

      Delete
  3. Replies
    1. tekan f2 setelah restar, waktu hanya 1-2 detik sebelum ada logo acer muncul. ingat ya di tekan tahan

      Delete
    2. tekan f2 setelah restar, waktu hanya 1-2 detik sebelum ada logo acer muncul. ingat ya di tekan tahan

      Delete
  4. saya sudah ikuti pentunjuk dari anda, dan ssaya sudah instal w7 dan setelah proses selesai trz restart eh malahan ga bisa booting windows nya

    ReplyDelete
  5. saya sudah ikuti pentunjuk dari anda, dan ssaya sudah instal w7 dan setelah proses selesai trz restart eh malahan ga bisa booting windows nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian yang anda alami saya kira sudah saya gambarkan terlebih dahulu pada paragraf ke 3, jika anda membaca postingan saya secara menyeluruh saya kira pertanyaan ini sudah terjawab.
      Mohon dibaca kembali paragraf terakhir, dimulai dari kata "Solusinya", terima kasih.

      Delete
  6. Mas driver acer one 14 Z1401 untuk win 7 dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya kalau install win7 biasanya drivernya sudah otomatis terinstall bersamaan dengan os, kalaupun ada yang tidak terdeteksi drivernya paling satu atau dua device (itu pun jarang terjadi), untuk mengatasi ini saya biasanya menggunakan Driver Pack Sollution. DPS ini gratis jadi bisa didownload secara bebas, untuk downloadnya silahkan googling atau saran saya gunakan torrent karena sizenya cukup besar, terima kasih.

      Delete
  7. mohon izin admin saya mau bertanya saya mengalami hal yng hamoir serupa
    beda nya saya mengistal win 8.1 ketika saya mau instal ketika memilih partisi nya gak bisa di naxt itu gimana ya gan solusi nya

    ReplyDelete
  8. Ane dah berhasil instal ( setup setup nya ), tapi saat mau reboot ke pengisian data ga mau masuk masuk dia malah keluar tulisan disuruh masukin cd, gmana tu bang? help bgt

    ReplyDelete
  9. Ane dah berhasil instal ( setup setup nya ), tapi saat mau reboot ke pengisian data ga mau masuk masuk dia malah keluar tulisan disuruh masukin cd, gmana tu bang? help bgt

    ReplyDelete
  10. Gan mau tanya saya instal win 7 64bit di acerone 14 Z1401..knp touchpad nya tdk berfungsi ya..mohon bantuanya

    ReplyDelete
  11. Aku mau ngatur kontrsnya kok nggak bisa yah??? Padahal udah tekan Fn+11 12 tapi nggak bisa juga....sama mengubah gambar akun duhhhhh gimana yahhh

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  13. Nyaari driver nya di mana gan susah amat

    ReplyDelete
  14. Sore semua..
    Sya mau tanya,acer one 14 pnya saya tidak bisa instal baik win 8 maupun win 10sya sdh coba instal win 8 pakai rufus jga tidak bisa,hanya stuck d logo windows..
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama punya saya juga begitu, bahkan juga udah coba pake rufus, hasilnya juga sama seperti itu, stuck di logo windows....mohon bantuannya

      Delete
Post a Comment